Palopo – “R.A. Kartini adalah perempuan yang mempeolopori kesetaraan derajat antara perempuan dan laki-laki di Indonesia oleh karena itu peringatan Hari Kartini merupakan momentum kebangkitan jiwa kaum perempuan Indonesia” demikian penyampaian ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Palopo dr. Hj. Utia Sari Judas dalam acara peringatan Hari Kartini ke 140 tahun 2019 yang diselenggarakan diruang pola Kantor Walikota Palopo (Selasa, 30/4/19) yang dihadiri oleh Walikota Palopo, unsur forkopimda kota Palopo, pimpinan OPD dan organisasi wanita kota Palopo.

Dalam sambutannya ketua GOW Palopo mengajak seluruh perempuan Indonesia khususnya perempuan Palopo untuk belajar dari sejarah perjuangan kartini.  “Peringatan hari kartini juga harus menjadi cambuk pengingat bagi seluruh bangsa Indonesia agar terus memperjuangkan ketidaksetaraan atau ketimpangan relasi laki-laki dan perempuan” tuturnya. Istri Wali  Kota Palopo ini juga berharap kepada perempuan di Kota Palopo agar terus berupaya meningkatkan perannya demi kemajuan bangsa dan negara tanpa melupakan kodratnya sebagai seorang perempuan yang dibesarkan dalam tata cara rumah tangga yang mempunyai peran reproduksi. ”perempuan adalah tumpuan harapan dalam melahirkan generasi-generasi penerus bangsa” ucapnya.

Dirinya juga menambahkan masih banyak perempuan-perempuan Indonesia uang membutuhkan uluran tangan. Oleh sebab itu mari kita tingkatkan partisipasi dan kepedulian kita. Sementara itu Walikota Palopo H.M. Judas Amir memberikan apresiasi kepada perempuan-perempuan Palopo yang telah berkontribusi terhadap pembangunan kota palopo khususnya dalam bidang pendidikan dan kesehatan.  Wali Kota Palopo juga kembali mengingatkan kepada seluruh stakeholder yang hadir untuk mempersiapkan diri dalam menyambut bulan suci Ramadhan dengan mempersiapkan zakat dan infaq. Sebelumnya, gabungan organisasi wanita kota Palopo melaksanakan serangkaian acara dalam peringatan Hari Kartini seperti senam bersama masyarkat kota Palopo di CFD, berziarah ke taman makan pahlawan kota Palopo, donor darah dan berbagi bersama anak-anak disabilitas. (Ichzan_Diskominfo Palopo)