Loading...
  • Jl. Andi Djemma No. 66 Kota Palopo
  • info@palopkota.go.id

Kementerian ATR/BPN Serius Memerangi Mafia Tanah

Diskominfo Palopo Rabu, 05 Januari 2022 Kesra 1172 Kali
Giat Kementerian ATR/BPN, 05/01/2022 (Awalani_Kominfo)

PALOPO-Sekretaris Daerah Kota Palopo Drs. Firmanza DP, SH, M.Si. Dalam Hal ini mewakili Walikota Palopo Drs. H. Muh. Judas Amir, M.H , mengikuti Penyerahan sertifikat tanah untuk rakyat melalui tayangan Virtual, yang menghadirkan Menteri Agraria dan Tata Ruang /BPN Sofyan Jalil.Di Ruang Pertemuan Ratona Kota Palopo,Rabu (05/01/2021)

Kepala Kanwil BPN Provinsi Sulawesi Selatan Bambang Priyono Beliau Mengatakan Bahwa pada tahun 2021 telah di lakukan Penguatan Hak atas nama rakyat dalam bentuk sertifikat tanah,dalam program retribusi tanah sebanyak 36 Bidang ,sebagai terdiri dari SK Pelepasan Kawasan hutan.
Terdapat pengadaan tanah Jalur kereta Api Makassar- Pare-Pare dan kabupaten barru.ujar beliau

Sambutan Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman Beliau mengatakan bahwa  Masyarakat sangat Antusias kehadiran bapak menteri .dan Beliau juga memberikan Apresiasi Kepada Kepala BPN atas Kemenangan Kasasi Kami. Dan beberapa bantuan yang ada beberapa tanah strategis Provinsi .ujar beliau

Lanjut beliau memberikan selamat kepada penerima sertifikat dan mengucapkan selamat datang kepada bapak menteri Dan di tunggu tunggu kehadiran masyarakat bahwa bagaimana menteri berpihak kepada rakyat.ucapnya

Selanjutnya Sambutan Menteri  Agraria dan Tata Ruang /BPN Sofyan Jalil saat memberikan sambutan pada acara Penyerahan Sertipikat Tanah Untuk Rakyat Sulawesi Selatan Beliau mengatakan bahwa sertifikat tanah merupakan surat berharga yang memiliki nilai. Menurutnya, sertifikat tanah dapat menciptakan kesejahteraan masyarakat.

Sofyan Jalil kembali menjelaskan bahwa sertipikat tanah sangat penting sebagai dasar bukti kepemilikan tanah yang sah ,serta memberi kepastian hak atas tanah yang berkekuatan hukum yang akan mengurangi potensi sengketa .ujar beliau

Beliau juga berpesan agar tanah digunakan untuk hal produktif yang harus dihitung baik-baik, karena banyak sekali pengusaha yang maju bisnisnya mendapatkan pinjaman bank dengan mengagunkan sertifkat tanah. ujarnya.

Sofyan juga  menjelaskan, bahwa penyerahan sertipikat tanah merupakan upaya dalam mempercepat pendaftaran tanah di Indonesia melalui program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL).

Selain itu, Kementerian ATR/BPN juga sangat serius dalam memerangi mafia tanah untuk menciptakan kepastian hukum atas tanah.

Dan  juga menyebut bahwa mafia tanah ini nyata, terutama di Kota-kota besar. Mafia tanah merupakan orang-orang yang memiliki niat jahat terhadap tanah.

Beliau mengucapkan selamat atas kepemilikan hak sertipikat tanahnya. "Mohon dijaga baik baik karena ini merupakan surat berharga" . Bijaksana menggunakan sertipikat buat jaminan modal usaha , produktif bukan konsumtif.

" Terima kasih juga saya ucapkan kepada BPN Kanwil Provinsi, masing masing yang telah membantu warga sehingga bisa mendapatkan kepemilikan sertipikat ,” jelasnya.

Turut hadir dalam Kegiatan ini Sekretaris Daerah Kota Palopo Drs. Firmanza DP, SH, M.Si,Kapten Inf.Sukardi ( Danramil 06/ Wara) yang mewakili Komandan Kodim 1403 Sawerigading, Camat, lurah, serta tamu undangan lainnya. (Nurul_Kominfo).