Palopo- Pengembangan pembangunan sektor Pariwisata Kota Palopo mendapat dukungan dari jajaran Kementerian Pariwisata Republik Indonesia. Dukungan tersebut disampaikan oleh Gunawan Wimbawa, MM, Kabid Pengembangan SDM Kepariwistaan Kementerian pariwisata R.I saat tampil menyampaikan materi terkait kebijakan pengembangan pariwisata nasional pada acara pelatihan dasar SDM kepariwistaan di Saodenrae Convention Centre (SCC ) Palopo, Rabu(27/3/2019).   Menurutnya, potensi kepariwisataan di Kota Palopo perlu didukung oleh semua pihak, sebab jika pemerintah berjalan tanpa dukungan tidak akan mencapai target.  Dirinya bahkan mengajak kaum mileni dan mahasiswa di Kota Palopo untuk terus aktiv mengekspose dan mengeksplorer destinasi wisata Palopo melalui media sosial agar dapat lebih dikenal luas masyarakat.

Dalam kesempatan itu, dirinya menyampaikan bahwa agar sektor kepariwisataan Kota Palopo dapat maju dan berkembang, maka ada 4 ( empat ) pilar pariwisata yang harus diupayakan yaitu, penataan destinasi pariwisata, teknik pemasaran pariwisata, pengembangan industry pariwisata dan penguatan kelembagaan pariwisata. “ keempatnya harus bergerak bersama dan beriringan sesuai dengan peran dan fungsinya masing-masing” ujarnya seraya menyarankan agar di Kota Palopo dapat dikembangkan atraksi wisata yang dapat menahan lebih lama para pelancong berkunjung di daerah ini.   Dirinya juga mengingatkan perlunya peningkatan aksesbilitas destinasi wisata agar mudah dikunjungi.

Pada kesempatan yang sama, Kadis Pariwisata Palopo Andi Enceng mengatakan bahwa pihaknya terus berupaya melakukan upaya pengembangan dan promosi pariwisata Palopo. Sementara itu, salah seorang pengurus Himpunan Mahasiswa Fakultas Perikanan Univertas Andi Djemma yang hadir pada kesempatan itu menyampaikan komitmennya untuk membantu pemasaran pariwisata palopo, termasuk mendukung penanaman bibit mangrove di sepanjang pantai Palopo. Acara pelatihan tersebut terlaksana atas kerjasama Universitas andi Djemma Palopo dan Kementerian Pariwisata, dan diikuti oleh ratusan mahasiswa. ( red_Diskominfo Palopo )