Palopo – Kementiran Perhubungan Republik Indonesia mengapresiasi pelaksanaan program pembinaan dan pengembangan SDM kelautan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kota Palopo.  Hal itu diungkapkan oleh  Kapus Bang SDM Perhubungan Laut, I Nyoman Sukayadnya saat bertindak sebagai inspektur upacara pada acara pelantikan dan wisuda perwira pelayaran niaga SMK pelayaran samudra nusantara di lapangan Pancasila , sabtu(29/6/2019). Ia mengakui bahwa komitmen pemerintah Kota Palopo terhadap pengembangan SDM kelautan patut diapresiasi.  Pada kesempatan itu, Nyoman bahkan menyampaikan piagam penghargaan kepada Wali Kota Palopo atas upayanya dalam mewujudkan program pembinaan SDM kelautan.

Secara khusus, Nyoman juga memberi penghargaan kepada jajaran SMK pelayaran samudra nusantara yang telah melahirkan ratusan calon perwira.  Ia mengingatkan para alumni untuk tidak berkecil hati menempuh pendidikan di SMK swasta, karena menurutnya sertifikat atau ijazah yang dimiliki lulusan SMK swasta tidak ada bedanya dengan sertifikat yang dikeluarkan oleh sekolah pelayaran berstatus negeri.  Mantan kepala Subdisnav Kendari tahun 2004 ini juga berpesan kepada calon perwira pelayaran agar senantiasa berupaya  meningkatkan skill dalam keterampilan berbahasa asing.  "Banyak perusahaan internasional yang melirik pelaut-pelaut Indonesia karena pelaut Indonesia adalah pelaut yang cerdas, tekun, dan patuh pada atasan, oleh karena itu tingkatkan skill bahasa Inggris, Jepang dan Mandarin" ucapnya.

Sementara itu, Wali Kota Palopo Drs. H.M. Judas Amir. M.H dalam sambutannya berharap ada tokoh lainnya seperti Rustam Lalong yang memiliki kesungguhan dalam membinan calon pelaut handal. "  Saya harap kedepannya akan muncul penerus seperti Rustam Lalong dalam membangun dan mengembangkan pendidikan di Kota Palopo ini" tandasnya.   Dalam kesempatan yang sama , Ketua Yayasan SMK Pelayaran Samudera Nusantara Utama Palopo Rustam Lalong menyebutkan bahwa SMK yang dikelolanya adalah sekolah yang dibina langsung oleh  BPSDM Perhubungan laut. Rustam Lalong juga berterima kasih ke Pemkot Palopo yang telah banyak memberikan sumbangsih pikiran dan hal-hal yang dibutuhkan dalam peningkatan pendidikan di Kota Palopo ini.  Rustam lalong yang tak lain adalah Camat Wara Utara ini juga menyebutkan bahwa SMK yang dibinanya telah mendapatkan pengakuan internasional maritim sedunia melalui amandemen Manila yang berstandar internasional. 

Pada tahun ajaran ini, SMK Samudera Nusantara Utama kota Palopo melantik 111 taruna tingkat IV.  Acara tersebut turut dihadiri oleh asisten I Setda Palopo Burhan Nurdin, asisten II Taufiq dan sejumlah unsur Forkopimda Kota Palopo. (Ichzan_Diskominfo Palopo)