Palopo- Peringatan Hari Jadi Luwu ke-751 dan Hari Perlawanan Rakyat Luwu ke-73 yang dipusatkan di Kota Palopo diramaikan dengan karnaval budaya yang diikuti oleh kabupaten / kota yang masuk dalam wilayah kedatuan Luwu, diantaranya Kabupatean Luwu, Kabupaten Luwu Utara, Kota Palopo, Kabupaten Luwu Timur dan Kabupaten Toraja Utara. Pelepasan karnaval dilaksanakan dan disaksikan langsung oleh Gubernur Sulawesi Selatan Prof.DR.H.M.Nurdin Abdullah, M.Agr yang didampingi Wali Kota Palopo dan Wakil Wali Kota Palopo. Pelepasan karnaval dilaksanakan didepan istana kedatuan Luwu, rabu(23/1/2019). 

Ribuan peserta karnaval dari perwakilan kabupaten / kota yang tampil dengan beragam pakaian adat tersebut kemudian menyusuri sejumlah rute diantaranya, jalan Jenderal Ahmad Yani, jalan Balaikota, Jalan Opu To Sappaile, Jalan Salak dan kemudian berakhir di Stadion La Galigo tempat pelaksanaan puncak peringatan Hari Jadi Luwu.

Karnaval tersebut adalah sebagai gambaran kepada publik tentang keragaman masyarakat tana Luwu yang tetap terjaga dengan baik dan terpelihara. ( Nunu Purwati_Diskominfo Palopo )