Loading...
  • Jl. Andi Djemma No. 66 Kota Palopo
  • info@palopkota.go.id

Ka.BNN Palopo : " Bina usaha bagi eks pengguna narkoba "

Diskominfo Rabu, 20 November 2019 Kesra 745 Kali
Kadis Koperasi saat menyampaikan materi ( foto : Irwanndi_Diskominfo Palopo )

Palopo – Salah satu upaya yang ditempu oleh jajaran BNN Kota Palopo dalam mengantisipasi peradaran dan penyalahgunaan narkoba adalah dengan mendorong pemberdayaan masyarakat , khususnya kalangan generasi muda untuk mengembangkan semangat kewirausahawan sehingga mereka dapat melakoni kehidupan secara positif.  Hal itu diutarakan kepala BNN Palopo oleh AKBP Ustim Pangarian, M.Si saat tampil dihadapan sejumlah stakeholder dalamacara bimbingan teknis dalam rangka sinergitas program pemberdayaan alternatif di Hotel Harapan , Rabu ( 20/11/2019).   Menurut mantan perwira yang pernah menjabat sebagai Kapolsek di Enrekang, Tana Toraja dsan Kota Palopo ini bahwa pembimbingan kewirausahawan juga perlu dilakukan bagi mantan pengguna atau pecandu narkoba dengan harapan mereka tidak tergoda lagi untuk terjerambab pada lembah hitam tersebut.  Dirinya berharap dengan melibatkan para mantan pengguna narkoba untuk memulai usaha diharapkan dapat menumbuhkan semangat kepercayaan diri mereka untuk diterima secara baik oleh lingkungan masyarakat sekitarnya. “ Mereka tidak boleh dicap salah selamanya apabila mereka telah mau berubah ke arah yang positif “ ujar alumni SMAN 3 Palopo itu.

Karena itu, AKBP Ustim Pangarian berharap agar pihak perbankkan dapat memberi kemudahan akses permodalan bagi para pemuda dan mantan pengguna narkoba dalam memulai atau mengembangkan usaha yang mereka geluti.

Dalam kesempatan yang sama, Kadis Koperasi dan UMKM Palopo, Dra.Munasirah yang tampil sebagai narasumber dalam bimtek tersebut menguraikan bahwa pihaknya akan terus secara berkelanjutan melaksanakan pelatihan pengembangan skil yang secara khusus melibatkan kalangan generasi muda. Dirinya tak menutup kemungkinan pelibatan mantan pengguna narkoba untuk diikutsertakan.   Mantan asisten III Setda Palopo itu berharap ada kerjasama dengan jajaran kelurahan dan kecamatan untuk memotivasi warga masyarakatnya yang tidak memiliki pekerjaan tetap agar dapat membentuk kelompok produktif yang nantinya dapat dibina dan dibimbing dalam mengtembangkan usaha, sebagai salah satu langkah menyibukkan masyarakat dalam urusan yang positif sehingga tidak lagi tergoda pada pengaruh penyalahgunaan narkoba.

Salah satu perwakilan perbankkan dalam kesempatan itu bahkan memberi informasi bahwa pihaknya siap memberikan fasilitasi bagi siapaun yang ingin memulai usaha rumahan dengan modal yang terjangkau. ( red_herawan_Diskominfo Palopo )