Palopo- Sebanyak 112 jamaah haji asal Kota Palopo kembali tiba di tanah air pada tanggal 29 /8/2019. Jamaah diterima di asramah haji sudiang Makassar pada kamis malam (29/8/2019). Selanjutnya Jum`at pagi(30/8/2019), jamaah haji yang tergabung dalam kloter 17 tersebut diterima langsung oleh pemerintah dan masyarakat beserta keluarga masing-masing di masjid Agung Luwu Palopo.  Wali Kota Palopo yang diwakili oleh Kaba Kesbangpol, DR.H.Baso Sulaiman yang menerima jamaah haji menyampaikan rasa syukurnya atas kepulangan jamaah haji Palopo meskipun salah satu jamaah atas nama Syamsuddin meningga dunia di tanah suci.  Ia juga mengparesiasi kinerja tim yang mendampingi proses pemberangkatan dan pemulangan jamaah haji yang berlangsung lancar dan tertib.   

Suasana haru mewarnai kedatangan jamaah haji asal Palopo. Sejak selepas shalat subuh, ratusan keluarga mendatangi masjid Agung Palopo menanti keluarga mereka dari tanah suci. Ketua DPRD Palopo Harisal Latief yang juga merupakan ketua rombongan haji asal Palopo dalam kesempatan itu berbagi kenangan suka duka selama berhaji. Salah satu kenangan yang mengesankan menurut beliau adalah dapat merasakan dan menikmati hujan saat pelaksanaan wukuf di padang Arafah. Menurut informasi, dalam kurun waktu 26 tahun, baru kali itu pelaksanaan wukuf diguyur hujan deras dan angin kencang. “ Meski demikian kami bersyukur, karena itu kami anggap berkah dari Allah SWT “ tandasnya seraya mengatakan bahwa di Madinah jarak penginapan mereka dengan masjid Nabawi berkisar 700 meter sehingga membuat para jamaah menyiasati waktu sholat dan beribadah dengan banyak i`tikaf di masjid.

Harisal latief juga memuji pelayanan maksimal dari para petugas haji yang mendampingi. Palagi ditambah dengan failitas yang cukup refresentatif. Dalam kesempatan itu, Kader Golkar yang kinin kembali terpilih sebagai anggota DPRD Palopo periode 2019-2024 tersebut mengingatkan kepada masyarakat yang akan berhaji agar mempersiapkan fisiknya. Ia juga mewanti-wanti siapapun yang ingin menunaikan ibadah haji untuk tidak menunda niat berhaji. ( Nurul Hikmah_Diskominfo Palopo )