Palopo - Kegiatan sosialisasi pencegahan stunting di Kota Palopo melalui 10 program pokok PKK juga dilaksanakan di setiap kecamatan Se-Kota Palopo. Untuk hari ini, sosialisasi pencegahan stunting di mulai dari Kecamatan Wara Kota Palopo,  sekaligus pengukuhan kader stunting TP PKK Kelurahan se-Kecamatan Kota Palopo yang dilaksanakan di Aula Kantor Camat Wara Kota Palopo. Kamis 15 Oktober 2020.

Sebelumnya kegiatan sosialisasi pencegahan stunting telah dilaksanakan di tingkat Kota Palopo. Kegiatan sosialisasi pencegahan stunting kali ini mengusung tema "Mewujudkan Kemandirian Keluarga Dengan Tanaman Kelor, Untuk Pencegahan Stunting di Kota Palopo".

Camat Wara, Rustam Lalong dalam sambutannya saat membuka sosialisasi pencegahan stunting tingkat Kecamatan Wara mengajak untuk mendukung ikut serta dalam kegiatan sosialisasi ini. "Mari kita mendukung ikut serta dalam kegiatan sosialisasi ini, sebagai bahan pelopor khususnya di Kecamatan Wara".

Sementara itu, Ketua TP PKK Kota Palopo, dr. Hj. Utiasari Judas, M.Kes menyampaikan kegiatan ini merupakan kegiatan Nasional, yang dilaksanakan mulai dari pusat, provinsi hingga ke kota/kabupaten.

Dijelaskan Ketua TP PKK, adapun Stunting merupakan kondisi buruk yang dialami, dengan beberapa ciri-ciri seperti kerdil pendek, tubuh kecil, kepala kecil. Banyak hal yang dapat menyebabkan anak bisa terkena stunting beberapa faktor lingkungan, kekurangan gizi, karena kekurangan gizi juga bisa menjadi penyumbang besar terkena stunting.

"Contohnya mulai dari masa kehamilan, sebelum menikah harus mencegah terlebih dahulu, diperhatikan gizinya juga".

Sehubungan dengan itu, dirinya berharap peranan masing-masing Pokja bekerja sesuai tugasnya dan berkerjasama dengan pokja lainnya.

Ketua TP PKK Kota Palopo juga pada kesempatan itu mengukuhkan kader stunting TP PKK Kelurahan se-Kecamatan Kota Palopo sekaligus penyerahan susu kepada ibu hamil yang menjadi sasaran.

Dalam rangka hari cuci tangan sedunia dengan menggunakan sabun juga diperingati jajaran TP PKK Kota Palopo saat menyelenggarakan sosialisasi stunting.

Tampak hadir pada kegiatan sosialisasi kali ini di Kecamatan Wara diantaranya Ketua Darma Wanita Persatuan Kota Palopo, Isnada Firmanza, Sekretaris TP PKK Kota Palopo, Suriani Kaso, Ketua TP PKK Kec.Wara, Dra. Hj. Masinah Rustam, Para Lurah Se-Kecamatan Wara, Jajaran Tim Penggerak PKK Kecamatan dan Kelurahan. (red_Usni_Diskominfo Palopo)