Loading...
  • Jl. Andi Djemma No. 66 Kota Palopo
  • info@palopkota.go.id

HPSN 2021, Palopo Maksimalkan Gerakan Bersih 2021

Diskominfo Palopo Jumat, 19 Februari 2021 Kesra 1651 Kali
Palopo Peringati HPSN 2021, 19/02/2021 (Awalani_Diskominfo Palopo)

PALOPO - Pemerintah Kota Palopo memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2021 yang mengangkat tema "Sampah Bahan Baku Ekonomi di Masa Pandemi", dengan memungut sampah secara bersama di perairan laut. Kegiatan itu dipusatkan di Pelabuhan Tanjung Ringgit Kota palopo, Jum'at (19/2/2021).

Pada peringatan itu, dicanangkan pula gerakan "kita bersama Palopo bersih tahun 2021".

Kegiatan diawali dengan longmarch, yang start di depan kantor Dinas Lingkungan Hidup, dan Kebersihan Kota Palopo, menuju Jl. A. Djemma, melewati Jl. A. Tanda, Jl Carede, dan berakhir di pusat pelaksanaan kegiatan, Pelabuhan Tanjung Ringgit Palopo.

Peserta longmarch memungut sampah dan memberikan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat tentang sampah dan kebersihan sepanjang jalan yang dilalui.

Setelah sampai, digelar apel di pelabuhan Tanjung Ringgi,t dan dilakukan penandatanganan naskah pencanangan gerakan kita bersama Palopo bersih tahun 2021. Dan digelar dengan menerapkan protokol kesehatan.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Palopo, Hj. Sitti Baderia, S.Pd.,M.Si. pada kesempatan itu menyampaikan bahwa HPSN 2021 itu sebagai tahapan menuju kota palopo sebagai kota masa depan yang penuh harapan.

Hj. Sitti Baderia, melanjutkan, Berdasarkan Surat Edaran Menteri LHK, Siti Nurbaya, tujuan dari peringatan itu yakni Memperkuat komitmen, dan peran aktif pemerintah daerah dalam melaksanakan pengelolaan sampah, dengan menjadikan sampah sebagai bahan baku ekonomi, Memperkuat partisipasi publik, dalam upaya menjadikan sampah sebagai bahan baku ekonomi melalui gerakan memilah sampah serta Memperkuat komitmen dan peran aktif produsen dan pelaku usaha lainnya dalam implementasi bisnis hijau, (green business) dengan menjadikan sampah sebagai bahan baku ekonomi.

Selain itu,lanjut Hj. Siti Baderiah, DLH kota Palopo, juga telah melakukan kegiatan penunjang seperti gerakan penanaman pohon untuk kurangi efek rumah kaca, Gerakan kita bersama Palopo bersih, dengan memilah sampah dari rumah dan menghimbau  ASN dan Non ASN Pemkot Palopo, untuk jadi nasabah Bank Sampah.
"Kita juga telah membentuk Satgas sampah, dan mengintegrasikan bank sampah dengan posyandu kelurahan," ungkap Hj. Siti Baderiah.

Sementara itu, Walikota Palopo menyampaikan pesannya, melalui Kepala Badan Kesbangpol kota Palopo, H. Baso Sulaiman,  bahwa HPSN 2021 harus menjadi babak baru  pengelolaan sampah di kota Palopo, dan secara nasional, dengan menjadikan sampah sebagai bahan baku ekonomi Indonesia. Tak hanya itu, Walikota Palopo juga menekankan bahwa, pengelolaan sampah harus menjadi perhatian utama seluruh komponen masyarakat.

"Hari Peduli Sampah Nasional, untuk mengingat Bangsa Indonesia bahwa persoalan sampah harus menjadi perhatian utama yang melibatkan seluruh komponen masyarakat dalam pengelolaannya." Pesannya.

Kegiatan itu diikuti Ketua TP PKK, Hj. Utiasari Judas, unsur Forkopimda Palopo, Pimpinan Perangkat Daerah, camat dan lurah, serta sejumlah organisasi lingkup Pemkot Palopo. (Muthia_Diskominfo Palopo).