Palopo- DR.Hj.Nurhaeni, M.Kes akhirnya resmi menjabat sebagai ketua DPRD Palopo periode 2019-2024.  Ini kali pertama DPRD Palopo dipimpin oleh perempuan. Pelantikan pimpinan DPRD Palopo dilaksanakan dalam rapat paripurna pada hari Rabu(30 /10/ 2019 ).  Pelantikan dan pengambilan sumpah Hj.Nurhaeni sebagai ketua DPRD Palopo , Abdul Salam, SH dan Irvan ST masing –masing sebagai wakil ketua DPRD Palopo dilakukan langsung oleh ketua PN Palopo. Hj.Nurhaeni adalah merupakan kader partai Golkar Palopo, Abdul Salam adalah kader partai Nasdem dan Irvan adalah kader partai Demokrat. 

Wakil Wali Kota Palopo DR.H.Rahmat Masri Bandaso ( RMB) ketika menyampaikan sambutan mengatakan bahwa momentum pelantikan pimpinan DPRD Palopo sangat bersejarah karena untuk pertama kalinya ketua DPRD Palopo diamanahkan pada kaum perempuan serta didampingi oleh dua kaum generasi milenia Kota Palopo. “ Kepemimpinan ini merefresentasikan keberadaan kaum perempuan dan anak muda, hal ini menunjukkan pada kita semua bahwa siapa pun dapat bermimpi dan berhak menjadi pemimpin di daerah ini “ ujar mantan ketua DPRD Palopo tersebut.   Wawali juga mengingatkan bahwa salah satu visi pembanguna  Kota Palopo adalah mewujudkan Palopo sebagai kota yang maju , inovatif dan berkelanjutan yang diharapkan mendapat dukungan dari legislatif. Karena itu, menurut RMB pemerintah Kota Palopo akan senantiasa berkomitmen membangun harmoni dan sinergitas dengan DPRD Palopo dalam rangka menuntaskan agenda pembangunan.  

Sementara itu, Ketua DPRD Kota Palopo DR.Hj Nurhaeni,S.Kp.M.Kes pada sambutan perdananya setelah dilakukan prosesi pelantikan menegaskan agkan berfokus pada sejumlah agenda penting yang telah menghadang diantaranya pembahasan dan penetapan tata tertib, kode etik dan tata beracara DPRD Palopo serta pembahasan dan penetapan APBD Kota Palopo tahun anggaran 2020. Dirinya juga mengaku bangga menjadi kaum perempuan pertama di Kota Palopo ketua DPRD Palopo.  Bahkan saat menggelar acara syukuran dengan koleganya, dirinya berkelakar bahwa mungkin memang saatnya perempuan memimpin DPRD secara berjenjang, mulai dari DPR RI, DPRD SulSel dan DPRD Kota Palopo. ( Nurul Hikmah/ Herawan_Diskominfo Palopo )