Loading...
  • Jl. Andi Djemma No. 66 Kota Palopo
  • info@palopkota.go.id

HARKITNAS Ke-114 Tahun, Ayo Bangkit Bersama

Diskominfo Palopo Jumat, 20 Mei 2022 Pemerintahan 639 Kali
Upacara Peringatan HARKITNAS di Kota Palopo, 20/05/2022

PALOPO - Sekretaris Daerah Kota Palopo Drs. Firmanza DP, SH.,M.Si bertindak sebagai Pembina upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional yang Ke-114, dengan tema "Ayo Bangkit Bersama" yang diperingati setiap tanggal 20 Mei, dilaksanakan di Halaman Kantor Walikota Palopo, Jumat 20 Mei 2022.

Sekretaris Daerah Kota Palopo membacakan Sambutan Seragam Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate yang disampaikan oleh Sekretaris Daerah Kota Palopo bahwa peringatan Hari Kebangkitan Nasional tidak hanya dimaknai sebagai ceremonial saja, guna memahami esensi sejarah kebangkitan nasional, mari kita sejenak telaah sisi historis di balik Peringatan Hari Kebangkitan Nasional. 

Pada tanggal 20 Mei 1948. Presiden Soekarno menetapkan hari lahirnya perkumpulan Boedi Oetomo, sebagai Hari Bangkitnya Nasionalisme Indonesia di masa itu, terdapat ancaman perpecahan antar golongan dan ideologi di tengah perjuangan Indonesia dalam mempertahankan kemerdekaan dari Belanda yang ingin kembali berkuasa. 

Tujuan didirikannya Boedi Oetom,o yang tercetus dalam kongres pertamanya ialah, untuk menjamin kehidupan sebagai bangsa yang terhorma,t dengan fokus pergerakan di bidang pendidikan, pengajaran, dan kebudayaan.

Boedi Oetomo telah meletakkan tiga cita-cita, bagi kebangkitan nasional yakni memerdekakan cita-cita kemanusiaan, memajukan nusa dan bangsa, serta mewujudkan kehidupan bangsa yang terhormat dan bermartabat di mata dunia. 

Momentum yang baik ini, makin diperkuat dengan peran Indonesia sebagai Presidensi G20 tahun 2022, Pada Presidensi G20 tahun ini, Indonesia mengusung tema “Recover Together, Recover Stronger”, dengan tujuan dapat memberikan spirit baru dalam mewujudkan tatanan dunia, yang dapat memberikan kesejahteraan dan kemakmuran yang inklusif, serta menjamin keberlanjutan kehidupan di masa depan.

Pada Upacara tersebut, dihadiri Kasdim 1403 Palopo, Mayor Kav. Suparman, S.Pd, Para Asisten, Para Staf Ahli Walikota, para Pimpinan Perangkat Daerah Kota Palopo, serta, Para Kepala Bagian Setda Kota Palopo.(*)