Palopo- Dalam rangka memeriahkan peringatan Hari Guru nasional 25 November 2019, Ikatan Pelajar Muhammadiyah Palopo menggelar seminar pendidikan yang mengusung tema “ peran guru dalam pendidikan 4.0 , teknologi, moralitas dan budaya” di aula SMKN I Palopo, Rabu (27/11/2019). Seminar sehari yang diikuti puluhan pelajar tersebut menghadirikan 3 ( tiga ) narasumber yang menyampaikan materinya secara panel,yaitu Wakil Wali Kota Palopo DR.H.Rahmat Masri Bandaso, ketua Dewan pendidikan Palopo Dr.Suaedi dan DrsH.Asri Samrun Said.

Ketua Dewan pendidikan Kota Palopo Dr. Suaedi menekankan bahwa era sekarang ada momentum bagi tenaga pendidk dalam mengembangkan pola pembelajaran yang lebih inovatif dan penuh kreasi. Ia menuturkan bahwa perkembangan teknologi informasi sebaiknya perlu disikapi oleh tenaga pendidik dengan mampu beradaptasi dengan kemajuan serta kecanggihan teknologi.   Namun demikian, mantan rektor Universitas Cokroaminoto Palopo tersebut mengingatkan para guru agar senantiasa mengedepankan pendekatan karakter dalam pola didikannya di sekolah.

Hal senada disampaikan oleh Wakil Wali Kota Palopo DR.H.Rahmat Masri Bandaso agar para guru mampu memberi pembelajaran terbaik dengan pola inovasi bagi anak didiknya. Dirinya bahkan  mewanti-wanti jangan sampai ada oknum guru justru dikalahkan oleh anak didiknya.  Karena itu, dia mengingatkan para guru agar tidak pernah berhenti belajar demi kepentingan mengajar. RMB juga berharap agar pada era milenia sekarang ini tidak ada lagi guru yang gagap terhadap teknologi. Satu hal yang ditekankan pula oleh Wawali Palopo pada kesempatan itu yakni agar materi pembelajaran agama perlu terus diintesifkan bagi anak didik dalam rangka menangkal pengaruh negatif dari perkembangan teknologi. “ Lakukan pemantauan dan pembinaan secara berkesinambungan " ujarnya sambil mengatakan bahwa pendekatan agama dan budaya perlu terus dilakukan dalam materi pembelajaran demi mewujudkan pelajar dan generasi yang berkarakter ( Nunu Purwati_Diskominfo Palopo )