Palopo- Upaya pengembangan promosi potensi pariwisata Kota Palopo kali ini mendapat dukungan dari Gerakan Pesona Indonesia atau GenPi chapter Palopo. GenPi adalah merupakan komunitas yang merupakan bagian dari pengejawantahan program promosi wisata berbasis digital, melalui media sosial seperti facebook, blog, instagram, path dan lainnya. Meski keberadaannya baru terbentuk pada bulan Agustus 2019 namun komunitas yang digawangi oleh Muhammad Anugrah tersebut kini tengah menyusun rencana dalam rangka memberi konstribusi positif dan signifikan terhadap promosi kepariwisataan yang dimiliki oleh Kota Palopo.  Berkaitan dengan hal itu, maka dalam rangka mempermatang pelaksanaan deklarasi komunitas yang dominan diisi oleh kaum milenial tersebut, GenPi mengumpulkan sejumlah stakeholder pada hari Rabu(28/8/2019) di pelataran gedung Kesenian–Palopo.  Pertemuan tersebut dihadiri oleh sejumlah anggota dan bakal calon anggota GenPi yang telah menyatakan kesediaan bergabung dalam komunitas tersebut.

Pada pertemuan yang turut dihadiri oleh Kabid Promosi Dinas Pariwisata Palopo, Muhammad Ridha Bandaso tersebut diwacanakan bahwa deklarasi pengurus GenPi akan dilaksanakan pada bulan Oktober 2019.  Menurut Ketua GenPi Palopo Muhammad Anugrah bahwa penentuan jadwal tersebut karena rencananya ingin disingkronkan dengan pelaksanaan kegiatan “ Palopo Art Festival”.  Meski demikian, Anugrah menambahkan komunitas yang dipimpinya tersebut akan turut ambil bagian dalam event Festival kraton Nusantara ( FKN) yang akan dihelat di Kota Palopo pada 9-13 September 2019. “ Kita akan terjunkan volunteer dalam mengeksplore kegiatan tersebut kepada publik sehingga dengan demikian event berskala internasional tersebut dapat lebih menggaung dan membuat Kota Palopo dapat lebih dikenal luas “ ujarnya seraya menegaskan bahwa siapa pun dapat bergabung dalam komunitas tersebut selama sejalan dengan visi pengembangan promosi potensi pariwisata Palopo.  Pada pertemuan itu pula GenPi menyampaikan harapannya akan dukungan pemerintah terhadap komunitas tersebut, khususnya berkaitan penyediaan sekretariat yang akan dijadikan wadah komunikasi dan koordinasi dalam melaksanakan program kerjanya.

Sementara itu, Kabid Promosi Dinas Pariwisata Palopo Muhammad Ridha Bandaso menyambut baik atas terbentuknya komunitas tersebut. Ia menitip pesan agar komunitas GenPI dapat bersinergi dengan pemerintah dan pihak lainnya dalam rangka memaksimalkan upaya untuk mengeksplore potensi wisata Palopo. Ridha yang juga mantan lurah Salobulo-Palopo tersebut mengapresiasi komitmen GenPi untuk membantu promosi wisata Palopo. Dirinya berharap agar GenPi kedepan dapat melakukan upaya berkelanjutan secara kreativ sehingga potensi wisata Palopo dapat lebih dikenal oleh masyarakat luas.( red-Diskominfo Palopo )