Palopo - Pemerintah Kota Palopo melalui BAPPEDA Palopo menggelar  konsultasi publik rancangan awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2021 di ruang pola kantor Wali Kota Palopo,Kamis (6/2/2020).  Asisten III Setda Palopo dr. Ishaq Iskandar, M.Kes yang membuka acara pada kesempatan tersebut menyampaikan agar RKPD dapat menjadi wahana untuk menyampaikan sumbangsih pemikiran, saran dan kritikan konstruktif serta mampu menghasilkan ide cemerlang dalam pelaksanaan pembangunan daerah. "RKPD disusun dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat dan pencapaian visi misi pemerintahan tetap harus memperhatikan norma norma kehidupan" ucapnya seraya mengajak semua pihak untuk melakukan telaan secara seksama SDG`s dengan baik.  Selain itu, mantan Kadis Kesehatan Palopo tersebut juga berharap sinergitas pihak swasta dalam rangka membangun dan mensejahterakan masyarakat Kota Palopo. 

Dengan mengusung tema pemerataan pembangunan dan pengembangan kapasitas layanan,RKPD 2021 merupakan tahun ketiga implementasi RPJMD 2015-2023. Beberapa persoalan dan dinamika sosial seperti peningkatan kesejahteraan masyarakat dan menurunkan angka pengangguran menjadi prioritas untuk dimaksimalkan sebaik mungkin. Termasuk permasalahan pembangunan daerah yang meliputi cakupan kualitas dan layanan pendidikan masyarakat, taraf hidup dan kesejahteraan sosial masyarakat, pemenuhan dan kualitas infrastruktur dasar, pengelolaan tata ruang dan ketahanan daerah terhadap bencana, akselerasi pelaksanan reformasi birokrasi dan layanan publik serta penanganan pengangguran dan kualitas pertumbuhan ekonomi daerah. 

Pada ksempatan itu dipaparkan data bahwa pada tahun 2018 pertumbuhan ekonomi Kota Palopo telah mencapai 7.52%, dengan tingkat inflasi mencapai 4.19% serta angka pengangguran 11.60%.   Pembangunan daerah Kota Palopo tahun 2021 memiliki 6 prioritas yakni SDM berdaya saing, pengembangan wilayah dan pengurangan kesenjangan, pengembangan infrastruktur, lingkungan hidup dan ketahanan pangan, pemerintahan dan transformasi layanan publik serta peningkatan ekonomi dan produktivitas daerah. (Ichzan_Diskominfo Palopo)