Palopo – Setelah menggelar pelatihan pemandu wisata, Dinas Pariwisata & ekonomi kreativ Kota Palopo kembali menggelar pelatihan manajemen homestay. Acara yang berlangsung selama dua hari tersebut dibuka secara resmi oleh asisten II Setda Palopo, Taufik, S.Kep di BM Residence hotel-Palopo, Kamis (29/8/2019). Menurut Kadis Pariwisata Palopo, Ilham bahwa pelatihan tersebut bertujuan membekali para pemiliki homestay dalam memaksimalkan pelayanan kepada para pelanggannya, terlebih dalam rangka menyambut pelaksanaan Festival Keraton Nusantara (FKN) yang akan berlangsung pada tgl 07-13 September 2019.  

Kadis Pariwisata menambahkan bahwa saat ini sektor pariwisata Palopo dapat dikatakan mengalami perkembangan signifikan.  “ dalam sebulan sudah mencapai kisaran delapan ribu wisatawan berkunjung ke Kota Palopo.Hal senada diuatarakan oleh asisten II Setda Palopo yang menguraikan bahwa potensi pariwisata Palopo terbilang lengkap dibanding daerah wisata lainnya di Sulawesi Selatan. “ Palopo punya memiliki obyek wisata bahari, pengunungan, kuliner , wsiata sejarah dan lainnya, dan itu pun mudah ditempu dengan waktuh yang tidak terlalu lama dan jauh “ ucapnya.

Mantan kabag Pembangunan Setda Palopo ini juga menyampaikan komitmen pemerintah dalam menyukseskan pelaksanaan event Festival keraton Nusantara di Palopo . Dirinya juga mengupayakan agar kedepan, pelatihan dan pembimbingan semacam ini dapat semakin intens dan berkelanjutan untuk menambah pengetahuan dan wawasan para pelaku usaha sektor pariwisata. Pelatihan Homestay  tersebut diikuti sebanyak 50 peserta dan menghadirkan sejumlah pemateri berkompeten dari Kota Makassar. ( Nabilah_Diskominfo Palopo )