Loading...
  • Jl. Andi Djemma No. 66 Kota Palopo
  • info@palopkota.go.id

Gebyar Aksi Bergizi HKN Sul-Sel

Diskominfo Palopo Jumat, 18 November 2022 Kesra 484 Kali
Gebyar Aksi Bergizi HKN Sul-Sel,

PALOPO - Drs. Firmanza D.P.,S.H.,M.Si, Mewakili Walikota Palopo H.M.Judas Amir, MH, Menghadiri Undangan Gebyar Aksi Bergizi dalam rangka hari kesehatan Nasional Provinsi Sulawesi Selatan, Dengan tema "Bangkit Indonesiaku Sehat Negeriku", yang dilaksanakan di Sandeq Ballroom Hotel Claro Makassar, Jumat, 18/11/2022.

Selain Drs. Firmanza D.P.,S.H.,M.Si, Kota Palopo ,ketua DWP Palopo, Ibu Isnada Firmanza Mewakili Ketua Penggerak PKK Dr. Hj. Utia Sari Judas, M.Kes. Menghadiri Undangan Gebyar Aksi Bergizi dalam Rangka hari kesehatan Nasional Provinsi Sulawesi Selatan.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan, Ibu Dr. Hj.Rosmini Pandin. MARS,  Menyampaikan Laporan Kegiatan, dalam kegiatan Gebyar Aksi Bergizi yang kita ikuti bersama saat ini tahun 2022 , Terimakasih sudah mau bersama menyukseskan kegiatan ini, menyatukan langkah pada tujuan bersama membawa anak-anak kita menjadi generasi penerus bangsa yang memiliki sumber daya manusia menuju Indonesia sehat.

Kegiatan ini dilaksanakan sebagai komitmen bersama, sebagai wujud lintas program dan lintas sektor ,Sebagai prcepatan penurunan stunting, penurunan angka kematian ibu dan angka kematian bayi.

Jumlah peserta dalam kegiatan ini adalah 300 orang , Bupati Luwu Utara, Bupati Tanah Toraja, serta 24 Kabupaten Kota, dunia Kesehatan, Ketua Tim Penggerak PKK, Prokopimda , OPD terkait, Ibu nifas, Ibu hamil, dan Remaja.

Andi Sudirman menyampaikan, bahwa perlu sinergitas bersama seluruh lintas sektor dalam upaya percepatan perbaikan gizi masyarakat.

“Khusus masalah stunting saya ingin mengucapkan terima kasih atas capaian dari tahun ke tahun, terkhusus tahun lalu Sulsel, termasuk dengan capaian terbaik dan Alhamdulillah menurunkan angka stunting,” kata Andi Sudirman.

Terkait masalah stunting sebutnya diperlukan edukasi kepada keluarga, ibu hamil maupun ibu yang memiliki balita tentang pentingnya 1000 hari pertama kehidupan. Serta asupan gizi yang cukup bagi anak.

Dua data yang menjadi acuan. Dari data ePPGBM Elektronik Pencatatan dan Pelaporan Gizi Berbasis Masyarakat, hingga Agustus 2021, angka stunting di Sulsel mencapai 9,08 persen. Angka ini bahkan melampaui target pemerintah pusat untuk menekan angka stunting pada tahun 2024 menjadi 14 persen.

Sedangkan data lainnya, Hasil Studi Status Gizi Indonesia (SSGI) tahun 2021 mencatat prevalensi balita stunting di Sulawesi Selatan memiliki Prevalensi Stunting 27,4 persen. Angka ini mengalami penurunan dari sebelumnya 30,6 persen. 

Andi Sudirman mengatakan perbedaan data ini perlu dielaborasi di lapangan. Dan mengambil sisi positifnya bahwa memang diperlukan upaya pencegahan stunting yang lebih baik.

Kegiatan ini juga di ikuti 24 Kabupaten Provinsi secara Virtual melalui zoom Meeting, Dimana Kota Palopo Sendiri Dihadiri Langsung Oleh Walikota Palopo H.M.Judas Amir, MH, bersama dengan Ibu Ketua PKK  Kota Palopo, Dr. Hj. Utia Sari Judas, M.Kes, dalam rangka Gebyar Aksi Bergizi.

Turut hadir Bupati Luwu Utara, Ibu Ketua Penggerak PKK Provinsi Sulawesi Selatan, Sekertaris Daerah Provinsi Sulawesi Selatan, Bupati Tanah Toraja, Serta tim penggerak PKK Provinsi Sulawesi Selatan, Serta seluruh udangan lainnya. (Rsk)