Palopo- Bertempat di ruang pertemuan Bappeda Kota Palopo, Rabu(11/12/2019), Gugus Kota Layak Anak ( KLA) menggelar Focus Group Discussion (FGD )yang diikuti oleh stakeholder  terkait.  Acara yang dibuka secara resmi oleh Asisten III Setda Palopo, DR.dr.Ishak Iskandar tersebut menghadirkan Nur Anti, SE selaku pemateri yang memaparkan sejumlah indikator yang perlu dipenuhi dalam rangka mewujudkan predikat kota layak anak.  Dihadapan para peserta FGD, Nur Anti menaruh harap agar perwujudan predikat Kota Layak Anak perlu mendapatkan dukungan semua kalangan, tentunya dengan melibatkan serta memberi pemahaman kepada semua pihak tentang urgensi KLA.   “ Salah satu yang diharapkan peranannya dalam mewujudkan KLA adalah media massa.  Kita ingin media massa memiliki konsen tersendiri dalam mencover pemberitaan dan konten responsif anak “ ujarnya. Menurutnya keberadaan, peran dan perkembangan media massa saat ini turut mempengaruhi tumbuh kembang seorang anak, khususnya dalam hal perilaku sosial.  Karena itu dirinya meminta agar keterlibatan media massa dioptimalkan dalam mendukung program KLA.   

Selain itu, dirinya juga berharap agar pihak kepolisian dan sekolah agar tetap menyikapi maraknya penggunaan kendaraan bermotor dikalangan pelajar yang belum memenuhi syarat menggunakan ranmor. Penggunaan ranmor bagi pelajar yang masih masuk kategori usia anak adalah merupakan pembiaran yang kurang baik. Pada bagian lain paparannya, Nur Anti juga mengingatkan kepada semua pihak untuk memberi perhatian khusus kepada tawanan anak yang tengah menjalani hukuman di lembaga pemasyarakatan.  “ Kalau perlu tawanan anak yang telah menjalani masa hukuman, jangan lagi dicap sebagai mantan narapidana untuk menghindari dampak psikologis terburuk pada anak tersebut “ ujarnya.

Sementara itu, Asisten III Setda Palopo saat membuka FGD tersebut mengungkapkan komitmen pemerintah Kota Palopo dalam mewujudkan pelaksanaan program KLA.  Dirinya menekankan agar stakeholder terkait perlu terus berkoordinasi dan berkomunikasi, sebab menurutnya salah satu kunci terwujudnya program KLA adalah terbangunya sinergitas yang baik antar perangkat daerah serta lembaga terkait lainnya. ( red_Herawan_Diskominfo Palopo )