Palopo - Focus Group Discussion (FGD) III terkait penyusunan Rencana Detail tata ruang (RDTR) BWP Prioritas Pengembangan Ekonomi Kota Sedang di Kota Palopo dan Pembahasan Konsep KLHS RDTR BWP Kecamatan Wara Utara dan Kecamatan Bara, Rabu 14 Oktober 2020 di Ruang Pola Kantor Walikota Palopo.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penata Ruang (PUPR) Kota Palopo, Harianto, ST dalam laporannya menyampaikan kegiatan ini dilaksanakan dan dikelolah langsung kementerian agraria dan tata ruang badan pertanahan nasional melalui PT. Meta Forma Konsultan.

Kegiatan ini di ikuti 30 orang peserta yang terdiri dari kepala perangkat daerah Kota Palopo, intansi vertikal.

Sementara itu, mewakili Walikota Palapo Asisten III Setda Kota Palopo Dr.dr. H.M Ishaq Iskandar M.Kes saat membuka kegiatan FGD tersebut mengatakan rencana rinci tata ruang bagi wilayah yang berstatus Kota Palopo ini adalah bentuk rencana terkait tata ruang yang dilengkapi dengan peraturan.

Dia juga mengatakan kota Palopo sebagai kota dengan fungsi sebagai pusat kegiatan wilayah, wilayah Utara se-Sulawesi Selatan, semenjak era otonomi daerah dilaksanakan perkembangannya sangat pesat, baik dipengaruhi dinamika internal kota maupun pengaruh dinamika eksternal wilayah sekitarnya juga mengalami perkembangan yang signifikan.

Di wilayah Kecamatan Wara Utara dan Kecamatan Bara saat ini terjadi replikator pertumbuhan pemanfaatan lahan dimana yang dahulu adalah daerah rawa-rawa pantai dan sekarang berkembang menjadi kawasan perumahan, pemukiman, pendidikan tinggi dan pemanfaatan lainnya untuk prasarana." Ungkapnya

turut hadir pula pada FGD, Kepala Dinas Perindustrian Akkaseng, SE, Kepala Dinas Perikanan Hj.Nurlaeli S.Pt.,MP, Kabag Pemerintahan Subhan S.sos, Camat Wara Utara dan Camat Bara serta undangan lainnya. (red. Usni_Diskominfo Palopo).