Palopo – Mencermati perkembangan wisata kuliner di Kota Palopo, salah satu unit usaha pusat ole-ole dengan brand “ Tobaku Inces “ melebarkan sayap di Kota Palopo. Sebelumnya usaha berbasis UMKM tersebut telah hadir disejumlah kota diantaranya Makassar, Belopa dan bahkan di Papua.  Gerai “ Tobaku Inces “ secara resmi dibuka oleh Sekretaris daerah Kota Palopo H.Jamaluddin Nuhung, MH pada hari Rabu(7/8/2019) di jalan Jenderal Sudriman, kelurahan Binturu.   

Dalam penyampaiannya,  pemilik “ Tobaku Inces”  Hj. Asni mengungkapkan bahwa pihaknya senagja memilih Kota Palopo sebagai salah satu daerah untuk mengmabnagkan usahanya adalah dikarenakan wisata kuliner di Palopo makin hari makin berkembang cukup pesat. Dirinya mengaku selain menyajikan kuliner khas, juga menyiapkan sejumlah ragam jenis ole ole yang dapat dijadikan cenderamata oleh siapa pun yang berkunjung ke kota IDAMAN ini. "Saya ingin “ Tobaku Inces “ menjadi icon tersendiri bagi Kota Palopo dalam rangka memenuhi kebutuhan wisata kuliner yang ada di kota ini" ujarnya.

Sementara itu, sekretaris daerah H. Jamaluddin Nuhung mengapresiasi upaya dan komitmen pemilik Tobaku Inces yang mengembangkan usahanya di Kota Palopo.  Dirinya berharap agar keberadaan UMKM tersebut dapat memberdayakan potensi SDM lokal sebab dengan cara itu akan turut membantu mengurangi angka pengangguran.  Jamaluddin juga menyemangati undangan yang hadir untuk senantiasa berwirausaha, karena menurutnya  suatu daerah dikatakan maju jika 5% penduduknya adalah pengusaha.  “ Saat ini di Kota Palopo penduduk yang berprofesi sebagai pengusaha baru sekitar 1,2%" tandasnya seraya mengingatkan bagi yang ingin menekuni usaha agar memiliki sikap berani . Jamaluddin nuhung juga berharap agar kedepannya “Tobaku Inces “mampu membuka pelatihan kerja bagi para UKM atau individual guna memberikan bekal keterampilan pada masyarakat Palopo.

Peresmian “ Tobaku Inces “ditandai dengan pengguntingan pita oleh Sekretaris Daerah H. Jamaluddin Nuhung.  Turut hadiri dalam peresmian tersebut yakni sejumlah pengurus IWAPI Kota Palopo, IWAPI Kab. Luwu serta sejumlah pelaku UKM.( Iksan Kasri_Diskominfo Palopo )