Palopo –Dinas Perikanan Kota Palopo bekerja sama dengan Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kota Palopo melaksanakan pelatihan pembuatan olahan produk hasil perikanan berbahan baku ikan bandeng di aula pertemuan kantor PKK Kota Palopo, Kamis (14/3/2019). Dalam kesempatan Wakil Ketua Gabungan Organisasi Wanita Kota Palopo Hj. Nurlina Sabani, SE., MM yang membuka kegiatan ini  menyampaikan bahwa ikan bandeng menjadi produk unggulan yang mudah diperoleh di Kota Palopo, oleh karena itu dirinya ingin memberdayakan ibu-ibu dalam mengolah ikan bandeng tanpa duri agar menjadi olahan yang dapat dikonsumsi tanpa harus takut akan tulang yang begitu banyak pada ikan bandeng. Dirinya juga ingin memaksimalkan pelatihan ini agar ibu-ibu memiliki keterampilan dan pengetahuan tentang pengolahan ikan bandeng.

Sejalan dengan Sekretaris Dinas Perikanan Nurlaeli, SPT., MP  menyampaikan bahwa pelatihan ini adalah merupakan sinergitas antara Dinas Perikanan dan GOW Kota Palopo. Pada kesempatan itu, dirinya menghimbau agar ibu-ibu organisasi dapat menyerukan dan menggalakkan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan ( GEMARIKAN) di Kota Palopo. Ia berharap agar masyarakat tidak terfokus mengkonsumsi makanan cepat saji yang banyak mengandung kolesterol. “ Semoga dengan gerakan seperti itu, daya konsumsi makan ikan masyarakat dapat meningkatn “ tandasnya seraya menguraikan bahwa saat ini daya konusmis masyarakat Indonesia terhadap ikan yakni 50 Kg/tahun/orang.

Salah seorang peserta pelatihan pada kegiatan, Harlina Jafar dan Eka Surianti dari IGTKI (Ikatan Guru Taman Kanak-Kanak Indonesia) Kota Palopo berharap agar kegiatan seperti ini dapat dilaksanakan secara berkesninambungan agar membantu penguatan dan peningkatan pengetahuan dan keterampilan dalam upaya pemberdayaan ibu-ibu yang ada di Kota Palopo. ( Ichzan_Diskominfo Palopo)