Palopo – Dinas Ketahanan Pangan Kota Palopo saat ini tengah gencar melaksanakan program OPAL ( Obor Pangan Lestari ) sebagai wujud untuk mendorong serta menumbuhkembangkan semangat bercocok tanam sayur mayur dikalangan masyarakat dengan menggunakan atau memanfaatkan lahan yang ada disekitarnya.

Dinas yang dipimpin oleh Hj.Hadisah tersebut bahkan telah memulai program OPAL sejak bulan September 2019, dan pada Jum`at(4/10/2019) telah melakukan panen perdana sayur yang ditanam di halaman kantornya. Menurut Hj.Hadisah bahwa program itu dilaksanakan pihaknya dengan menanam ragam jenis sayur diantaranya terong, kangkung, bayam, pare, timun, tomat, lombok, keladi , selada, strawbery.   Sayur yang ditanam di lahan yang terbatas itu adalah sayur yang memang dapat dipanen dalam waktu yang tidak lama.

Sejumlah tanaman sayur tersebut dibudidayakan dengan menggunakan wadah hidroponik dan vertikultur. Yang menarik, karena dihalaman kantor yang beralamatkan di jalan Tandipau, kelurahan Tamarundung- kecamatan Wara Barat tersebut pihaknya juga mendirikan “ rumah bibit” yang menyiapkan sejumlah bibit sayur. “ Alhamdulillah kami memiliki stok bibit sayur yang banyak, sehingga masyarakat pun dapat mengambil bibit di rumah bibit yang kami siapkan secara gratis “ tandasnya penuh ramah ketika menjawab pertanyaan sejumlah jurnalis.  Hj.Hadisah meyakinkan bahwa sayur yang dibudidaya oleh jajarannya dijamin tidak menggunakan pupuk kimia. “ Insya Allah sehat “ tandasnya lagi seraya mengatakan bahwa kegiatan pemanfaatan lahan kantor untuk ditanami sayur mayor akan memberi dampak positif tersendiri bagi jajaran yakni menumbuhkembangkan semangat kebersamaan sekaligus menjadi wadah edukasi.  

Didampingi sejumlah stafnya, Hj.Hadisah menambahkan bahwa untuk mengoptimalkan pelaksanaan program OPAL, maka kedepan akan dilaksanakan sinergitas dengan pihak sekolah dalam hal pengelolaan lahan kosong untuk dikelolah sebagai lokasi menanam sayur sebagai salah satu langkah mendukung program adiwiyata di masing-masing sekolah.  ( red_Nur Afni/M/Jannah_Diskominfo Palopo )