Palopo - Untuk mengawal kemajuan teknologi yang makin pesat,  Kemenkominfo RI bekerja sama dengan Diskominfo Palopo menggelar seminar nasional dan workshop pembentukan pandu digital di auditorium Saokotae Palopo, Selasa ( 30/7/2019) yang dihadiri oleh 107 peserta yang terdiri dari mahasiswa, pelajar, relawan TIK se-Kota Palopo.  Dalam sambutanya, staf menteri Kominfo bidang komunikasi dan media massa Gun Gun Siswadi mengungkapkan bahwa pembentukan pandu digital ini untuk  mengantisipasi era informasi digital yang melanda seluruh dunia khususnya di Indonesia.  " Kominfo bertugas untuk mengawal digitalisasi dalam pembuatan infrastruktur, yang di fokuskan pada Pembentukan tol langit yakni revolusi industri 4.0" ucapnya.  Gun Gun juga menyampaikan perkembangan teknologi harus dibarengi dengan peningkatan kemampuan SDM. "Masyarakat Indonesia harus kita persiapkan dalam menghadapi pesatnya perkembangan teknologi ini" tambahnya. Gun Gun Siswadi juga menyebutkan bahwa siapa yang menguasai informasi maka dia akan menguasai dunia.

Sementara itu Sekertaris Daerah H. Jamaluddin Nuhung yang mewakili Wali Kota Palopo menyampaikan terima kasih kepada Kemenkominfo atas terpilihnya Kota Palopo sebagai kota pertama di provinsi Sulawesi Selatan dalam pembentukan pandu digital. " Ini penting bagi kita semua, pembentukan pandu digital ini sangat berpengaruh bagi kita, jika kita tidak bersahabat dengan teknologi maka kita akan buta huruf dan akan ketinggalan" ujarnya. Jamaluddin Nuhung juga menambahkan diperlukan pengawasan orang tua terhadap Perkembangan teknologi saat ini.  Kegiatan seminar tersebut menghadirkan sejumlah narasumber diantaranya, Bambang Tri, Indriyatno Bayumurti dan Kadis Kominfo Palopo Baso Ahmad,SH.  Sementara pada kegiatan workshop ini kepala seksi IT Diskominfo Palopo Ramlan, S.Kom dan kepala seksi pelayanan media komunikasi publik Herawan S. Toni tampil sebagai pemateri.

Pandu digital ini dibentuk untuk mengawal informasi demi pengembangan UMKM, nelayan dan petani serta penerapan tindakan  dalam mengantisipasi maraknya hoaks dalam media online. Ditemui langsung tim Diskominfo Palopo, kasubdit Pengembangan Informasi Kemenkominfo Bambang Tri menyebutkan selain pembentukan Pandu Digital, Kemenkominfo masih memiliki program pemberdayaan masyarakat dalam mengawal teknologi informasi sepeti Digital Talent Scholarship dan Petani Go Online. (Ichzan_Diskominfo Palopo)