Palopo- Dalam rangka mengantisipasi beredarnya jajanan yang tidak sehat, tim jejaring keamanan pangan Pemerintah Kota Palopo yang terdiri dari dinas Kesehatan, Dinas ketahanan pangan, BPOM, Pol PP, Dinas perdagangan dan Dinas kominfo Palopo melakukan pemantauan, pengawasan dan pemeriksaan terhadap sejumlah jajanan berbuka puasa di kawasan lapangan Pancasila-Palopo, Senin (27/5/2019).

Pengawasan dan pemeriksaan yang dipimpin oleh Kasi kesling dan Kesjaor Dinkes Palopo, Ceria Amalia SKM tersebut menyasar sejumlah pedagang jajanan yang membuka lapak di kawasan lapangan Pancasila dengan mengambil sejumlah sampel bahan dan jenis makanan.  Pengambilan sampel itu untuk memastikan jajanan tersebut tidak terkontaminasi dengan berbagai bahan yang dapat menganggu kesehatan masyarakat dan memastikan bahan olahan makanan yang diperjual belikan steril.

Dalam kesempatan itu, Ceria Amalia juga mengingatkan kepada para pedagang untuk menjaga kebersihan jajanannya sekaligus memastikan tidak menggunakan bahan pengawet atau pun bahan jajanannya tidak dalam kadaluarsa.  Adapun beberapa sampel makanan yang diambil oleh tim dinas kesehatan pada kesempatan itu diantaranya bakso bakar, somay, sosis, dan lainnya.

Selain menyasar jajanan buka puasa, tim jejaring keamanan pangan Pemerintah Kota Palopo juga melakukan kegiatan serupa di Pusat Niaga Palopo, Pasar Andi Tadda dan pusat perbelanjaan City Market dan Mega Plaza. ( Herawan_Diskominfo Palopo )