Loading...
  • Jl. Andi Djemma No. 66 Kota Palopo
  • info@palopkota.go.id

Dinas Perikanan Palopo Fokus Pengembangan Budidaya Perikanan

Diskominfo Palopo Senin, 28 September 2020 Pembangunan 2038 Kali
Kepala Dinas Perikanan Palopo, Hj. Nurlaeli 28/08/2020 (dok.Pribadi)

Terwujudnya realisasi program Dinas Perikanan Kota Palopo yang berwawasan lingkungan dan berkelanjutan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kota Palopo adalah satu arah dari kinerja Pemerintah Kota Palopo pada sektor perikanan yang merupakan sebahagian tugas dari Dinas Perikanan Kota Palopo.

Kepala Dinas Perikanan Kota Palopo, Hj. Nurlaeli S.Pt.,MP ketika ditemui tim peliputan palopokotakota.go.id, menyampaikan program dari Dinas Perikanan Kota Palopo, Selengkapnya sebagai berikut ;

Penaya : “Apa target/capaian produksi perikanan untuk Kota Palopo?”

Hj. Nurlaeli :“Dinas Perikanan Kota PalopoTahun 2020 ini menargetkan capaian Produksi Perikanan, tangkap sebesar 19.507,3 Ton dan Produksi Budidaya Perikanan sebesar 130.280,78 Ton.”

Penaya : “Bagaimana program pencapaian terget produksi budidaya perikanan?”

Hj. Nurlaeli : “Untuk mencapai target tersebut ada beberapa program prioritas yang telah dilaksanakan  sesuai pendalaman  kondisi masyarakat Kota Palopo, khususnya yang bergelut di bidang perikanan, yaitu program pengembangan perikanan tangkap dan program pengembangan budidaya perikanan, pada dinas perikanan kota palopo, tentu saja dengan mengikuti prosedur dan sesuai dengan petunjuk teknis, serta berkordinasi dengan pimpinan.

Penaya : “Jenis kegiatan apa saja yang telah dan akan dilakukan?”

Hj. Nurlaeli : “Adapun jenis kegiatannya adalah penyaluran bantuan bagi 8 (delapan) kelompok nelayan yang jenis bantuannya terdiri dari perahu nelayan + mesin + alat tangkap (gillnet) dan alat bantu penangkapan ikan (fish finder). Kegiatan lainnya adalah Bantuan bagi 11 kelompok pembudidaya ikan, yang jenis bantuannya berupa bibit ikan lele 4 Pokdakan, bibit ikan bandeng dan bibit rumput laut gracillaria 6 Pokdakan dan 1 Pokdakan Mina Padi.

Penaya : “Bagaimana realitas dari program Pemerintah Kota Kota Palopo, khususnya bantuan kepada masyarakat nelayan?”

Hj. Nurlaeli : “Dinas Perikanan telah melakukan identifikasi dan verifikasi terhadap usulan atau proposal bantuan dari kelompok nelayan dan pembudidaya. Dan targetnya bantuan akan diserahkan dalam Tahun Anggaran 2020 ini.”

Penaya : "Apa Harapan ibu pada masyarakat nelayan kota Palopo, saat masa pandemi Covid-19 ini?”

Hj. Nurlaeli : “Harapan kami, bahwa meski dalam kondisi pandemi Covid-19, para pelaku perikanan seperti nelayan, pembudidaya serta pemasar dan pengolah perikanan tetap bisa berproduksi demi kelangsungan hidup mereka dan juga menjamin ketersediaan sumber protein hewani asal ikan.” Tutupnya.  (red. Usni_Diskominfo Palopo).