Palopo. 23 Desember 2007. Salah satu anggota tim seleksi Panitia Pengawasan (Panwas) Kota Palopo, Safruddin Jalal, SH, saat dihubungi melalui ponselnya menyatakan, pihaknya telah membuka pendaftaran Panwas pilkada Walikota Palopo, sejak tanggal 21 hingga tanggal 24 bulan ini, di ruang Badan Kehormatan (BK) DPRD Kota Palopo .

Menurut Jalal, rekruitmen anggota panwas yang dinyatakan lulus seleksi akan diumumkan tanggal 30 Desember 2007 mendatang. Pula kata dia, sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi bagi calon anggota Panwas, antara lain, umur 30 thn, sehat jasmani dan rohani, tidak sedang menjalani kasus pidana, tidak dicabut hak pilihnya, pendidikan minimal SMA dan berdomisili di Kota Palopo.

Lanjut Jalal, yang juga mantan ketua Panwas Pilkada Gubernur Sul-Sel itu, mengatakan seharusnya sejak awal sudah terbentuk panwas pilkada Walikota Palopo sebelum KPU menetapkan tahapan Pilkada sejak 5 Desember lalu. Hal ini dimaksudkan, agar seluruh tahapan pilkada Walikota dapat diawasi oleh Panwas yang sudah terbentuk. Sebab menurutnya, tugas utama panwas, adalah mengawasi seluruh tahapan pilkada.

Meski demikian, Jalal berharap proses rekruitmen Panwas dapat berjalan lancar sesuai jadwal waktu yang diharapkan, agar anggota Panwas yang terpilih nantinya dapat dilantik oleh DPRD Kota Palopo pada tanggal 5 Januari 2008 mendatang (AR)