Palopo – Dalam rangka mendukung peningkatan layanan hukum kepada masyarakat, Kejaksaan Negeri Palopo mencanangkan program “ Jaksa Solata “.  Hal itu diungkapkan oleh Kajari Palopo , Nur Yalamlan Cayan, SH.MH saat menyampaikan sambutan pada kunjungan kerja Kepala Kejaksaan Tinggi Provinsi Sulawesi Selatan di halaman Kajari Palopo, Rabu(26/6/2019).  Menurut Kajari bahwa program itu dalam rangka memberikan pelayanan hukum secara gratis kepada masyarakat yang membutuhkan pendampingan hukum terhadap persoalan-persoalan hukum yang dihadapinya.  Dirinya menambahkan bahwa metode yang digunakan pada program tersebut dapat berupa penerangan dan penyuluhan hukum baik menggunakan media sosial media seperti whatsapp , Instagram  maupun Facebook atau media konvensional lainnya. “ Program ini bertujuan untuk mendorong terciptanya kesadaran hukum masyarakat Kota Palopo” tuturnya seraya menguraikan bahwa saat ini personil Kajari Palopo hanya berjumlah 26 orang yang terdiri dari 11 orang jaksa dan 15 orang pegawai tata usaha, 8 honorer dan 3 orang tenaga pengamanan.

Penyambutan kunjungan kerja Kajati Sulawesi Selatan dapat dikatakan berlangsung meriah, hampir seluruh jajaran OPD lingkup Pemkot Palopo dan unsur Forkopimda turut hadir pada kesempatan itu.  Dalam sambutannya, Kajati SulSel, Tarmizi, SH.MH menyampaikan bahwa kunjungan kerjanya ke sejumlah kabupaten/ kota bertujuan untuk memantau secara dekat sarana prasarana masing-masing Kajari dalam pelayanan hukum kepada masyarakat, karena menurutnya kelengkapan sarana sangat mendukung kenyamanan dalam bekerja.  Selain itu dirinya juga ingin bertatap muka langsung dengan kinerja jajaran yang dipimpinnya.  " Kejaksaan bukan semata-mata menangani hal hukum melainkan kejaksaan dapat bersentuhan langsung dengan masyarakat agar keberadaannya dapat dirasakan manfaatnya" tandasnya seraya mengajak semua pihak untuk meminimalkan pelanggaran hukum sehingga tidak menimbulkan kerugian negara.  

Sementara itu, Wali Kota Palopo dalam sambutannya berharap agar sinergitas jajaran pemerintah Kota Palopo dengan pihak kejaksaan dapat terlaksana baik dalam mewujudkan pelaksanaan pembangunan yang bermanfaat. Dalam kesempatan itu, kajati menyempatkan meresmikan pembangunan dan penggunaan rumah dinas Kajari Palopo yang merupakan bantuan hibah dari Pemkot Palopo. Pada hari yang sama, Wali Kota Palopo menjamu rombongan Kajati SulSel dalam suatu acara ramah tamah yang dilaksanakan di rumah jabatan Wali Kota Palopo, pada rabu malam(26/6/2019). Turut hadir dalam kesempatan itu Wakil Wali Kota Palopo H.Rahmat Masri Bandaso, sejumlah tokoh agama , tokoh masyarakat dan pimpinan perangkat daerah ( Nunu Purwati_Diskominfo Palopo )