Loading...
  • Jl. Andi Djemma No. 66 Kota Palopo
  • info@palopkota.go.id

Cegah Penyebaran penyakit, Pelabuhan bentuk posko KLB

Diskominfo Kamis, 21 Februari 2019 Kesra 1541 Kali
Suasana kebersamaan rakor kontijensi KKP Makassar ( foto : Irwandi_Diskominfo Palopo )

Palopo- Dalam rangka melakukan upaya pencegahan berbagai ancaman penyakit bagi warga di sekitar wilayah pelabuhan Tanjung Ringgit Palopo, Kantor Kesehatan Pelabuhan Klas I Makassar bekerja sama dengan Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas II Palopo melaksanakan Rapat Penyusunan Rencana Kontinjensi Kedaruratan Kesehatan Masyarakat (KKM) di wilayah Kerja Pelabuhan Palopo di Hotel Value, Kamis (21/2/2019).

Menurut Kepala KKP kelas 1 Makassar Dr. Darmowali Handoko, M.Epid menjelaskan bahwa fungsi dan tugas KKP menurut UU dalam hal Kedaruratan Kesehatan Masyarakat adalah melindungi  masyarakat yang berpotensi menimbulkan Kedaruratan Kesehatan Masyarakat, serta sebagai bentuk pencegahan penyakit/resiko kesehatan masyarakat sekaligus meningkatkan ketahanan nasional di bidang kesehatan masyarakat. Menurutnya, bahwa beberapa penyakit yang dapat mengintai masyarakat di kawasan Pelabuhan diantaranya seperti ebola, PES, dan demam kuning yang masuk dalam kategori tingkat Kedaruratan Kesehatan Masyarakat (KKM) dunia tapi kasusnya masih sangat minim ditemukan di Indonesia. “ Olehnya itu, peranan KKP sebagai pintu masuk negara sangat penting untuk mendeteksi dan melakukan berbagai antisipasi penyakit “ tandasnya seraya menerangkan bahwa pemicu kedaruratan kesehatan disebabkan oleh pertumbuhan penduduk, kebutuhan pangan yang meningkat, alih fugnsi lahan, urbanisasi, climate change, bencana alam, mobilitas global, bioterror dan konfik.

Dirinya melanjutkan bahwa dalam rangka menangani  KKM ditempuh dengan pendekatan prevent (mempersiapkan ilmu), detect (kenali gejala) dan respond (verifikasi, atasi dan tuntaskan).  Dalam rapat tersebut disepakati pembentukan organisasi posko KLB yang beranggotakan sejumlah instansi terkait dalam wilayah kerja Kota Palopo seperti UPP, BNPB, Basarnas, Polsek Wara, Dinas Sosial, Dinas Perikanan, Bappeda dan Diskominfo yang salah satu tujuannya sebagai wadah koordinasi pelaksanaan antisipasi penyebaran penyakit di kawasan pelabuhan. Kepala Bidang Pengendalian Karantina dan Surveilans Epidemilogi KPP Kelas 1 Makassar Dra. Hj. Aisyah Sufrie, M.Sc. PH pada kesempatan itu  berharap agar organisasi ini nantinya dapat mengumpulkan data, membagi peranan dan dapat memecahkan masalah dalam hal yang berkaitan dengan kesehatan masyakarat khususnya masyarakat Kota Palopo.

Selain itu dalam rapat itu pula dijadwalkan pelaksanaan sosialisasi UU No. 6 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan, Table Top Exercise , dan rapat bulanan yang nantinya akan diagendakan oleh pengurus Organisasi KLB. Sedangkan untuk simulasi Dokumen Rencana Kontinjensi akan diadakan tahun depan. Turut hadiri dalam acara tersebut diantaranya Camat Wara Timur, Baso Aznur, BNPB, Basarnas, perwakilan Polsek Wara dan beberapa dinas lingkup Kota Palopo.( Ichzan_Diskominfo Palopo ) .