Palopo- Kalangan pelajar dan mahasiswa adalah merupakan salah satu sasaran empuk peredaran dan penyalahgunaan narkoba di Indonesia.  Berdasarkan hasil penelitian LIPI, terdapat sekitar 2,2 juta pelajar dan mahasiswa telah terpapar narkoba.  Menyikapi hal itu, BNN Palopo bekerjasama dengan Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) cabang Palopo menggelar diseminasi informasi P4GN dalam bentuk talkshow yang dilaksanakan di Sweetness cafe-Palopo, Senin(25/11/2019).   Acara yang dibuka secara resmi oleh Wakil Wali Kota Palopo DR.H.Rahmat Masri Bandaso tersebut diikuti puluhan pelajar dan mahasiswa dari berbagai organisasi kemahasiswaan.

Kepala BNN Palopo, AKBP Ustim Pangarian,M.Si dan Afrianto Nurdin, M.Si tampil sebagai narasumber dalam talkshow yang dipandu oleh Herawan S.Toni tersebut. Dalam kesempatan itu, kepala BNN Palopo mengatakan bahwa salah satu alasan oknum pengedar narkoba menyasar kalangan generasi muda adalah untuk melemahkan potensi negara. Sebab dengan mengahcurkan generasi muda, dalam hal ini pelajar dan mahasiswa maka akan memudahkan menghancurkan negara. Karena itu, mantan Kapolsek Wara-Kota Palopo itu mengajak kalangan pelajar dan mahasiswa agar bersinergi dengan BNN untuk melakukan upaya pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan narkoba agar tidak masuk dalam lingkungan pendidikan di Kota Palopo. “ Namun demikian untuk mewujudkan hal itu,kita butuh sosok yang memiliki keberanian dan nyali yang kuat, sebab oknum pelaku kejahatan narkoba yang kita hadapi pun memiliki kekuatan tersendiri “ ucap kepala BNN Palopo seraya mengatakan bahwa saat ini peredaran narkoba sudah memanfaatkan kecanggihan teknologi informasi.

Sementara itu, Afrianto Nurdin M.Si yang merupakan mantan presedien BEM Universitas Cokroaminoto Palopo tersebut mengajak kepada para aktivis kampus untuk membentuk gerakan dan aksi nyata dalam mendukung upaya pencegahan dan pemberantasan narkoba.  Afrianto mencontohkan  salah satunya adalah dengan membentuk Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM ) yang secara khusus konsen menangani serta menyikapi isu pemberantasan narkoba yang mengancam kalangan generasi muda. “ Jangan anggap sepele penyebaran dan penyalahgunaan narkoba “ ungkap pria yang akrab disapa afri tersebut.  Menanggapi hal itu, ketua GMNI Palopo dalam kesempatan itu menyampaikan siap bersinergi dengan BNN dan stakeholder lainnya dalam mewujudkan program aksi nyata mahasiaswa dalam mencegah penyalahgunaan narkoba. ( red_herawan-Diskominfo Palopo )