Palopo - Dalam rangka mengantisipasi penyebaran virus Corona (COVID-19) di Kota Palopo, Tim Gugus Tugas COVID-19 Palopo melakukan penyemprotan disinfektan di sejumlah fasilitas umum, Senin (23/3/2020) dengan mengerahkan dua unit mobil oiperasionala pemadam kebakaran. Kegiatan yang dipimpin langsung oleh Sekda Kota Palopo Drs. Firmanzah DP ini difokuskan pada penyemprotan disinfektan di titik-titik yang dianggap rawan terhadap penyebaran virus Corona seperti kantor Walikota, pelataran pusat perbelanjaan, sejumlah masjid dan gereja, taman kota, sekolah dan hotel serta kantor -kantor pemerintahan. "Tindakan preventif ini merupakan petunjuk walikota guna mencegah penyebaran virus yang mulai menjangkiti kurang lebih 500 warga Indonesia" ucapnya.

Firmanza juga berharap agar tindakan pencegahan ini didukung penuh oleh seluruh elemen masyarakat Kota Palopo guna meminimalisir kemungkinan adanya warga yang terjangkit COVID-19. Mantan kepala Bappeda ini juga berharap kesadaran masyarakat agar tetap tinggal dirumah mengingat di Kota Palopo ini sudah terdapat warga yang berstatus ODP. Penyemprotan disinfektan tersebut melibatkan tim gabungan dari Tagana, Damkar, BPBD,Dinkes, Pol PP, Polres Palopo dan relawan ACT. Sekda yang juga merupaka ketua gugus tugas Covid 19 menyampaikan bahwa  pemerintah Kota Palopo akan melakukan penyemprotan disinfektan di perbatasan wilayah Kota Palopo dengan Kabupaten Luwu dan Tolraja Utara.

Disinfektan adalah senyawa kimia yang bersifat toksik dan memiliki kemampuan membunuh mikroorganisme yang terpapar secara langsung oleh disinfektan. Disinfektan tidak memiliki daya penetrasi sehingga tidak mampu membunuh mikroorganisme yang terdapat di dalam celah atau cemaran mineral. Selain itu disinfektan tidak dapat membunuh spora bakteri sehingga dibutuhkan metode lain seperti sterilisasi dengan autoklaf.  (Ichzan_Diskominfo Palopo)