Loading...
  • Jl. Andi Djemma No. 66 Kota Palopo
  • info@palopkota.go.id

BPK Efektifkan Pemeriksaan Kinerja Terinci

Diskominfo Palopo Senin, 26 Oktober 2020 Pemerintahan 700 Kali
Suasana Vicon Dengan BPK, 26/10/2020 (Awalani Azhar_Diskominfo Palopo).

PALOPO - Walikota Palopo, Drs.HM Judas Amir MH., didampingi Sekda Kota Palopo Firmanza DP, kegiatan  Via Zoom dengan BPK , terkait Pemeriksaan Kinerja terinci. atas efektivitas pengelolaan belanja daerah untuk meningkatkan pembangunan manusia tahun 2017 / 2019, dan (RENSTRA) BPK RI tahun 2016 - 2020. Bertempat di Rujab Sakotae Palopo.  Senin 26 Oktober 2020 pukul 09.30 Wita.

Adapun alasan pemeriksaan adalah Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) tahun 2015 - 2019 salah satu tujuan pembangunan nasional adalah meningkatkan kualitas hidup manusia. Sasaran yang di gunakan untuk mengukur tujuan tersebut adalah indeks pembangunan manusia, dimana hasil pemeriksaan pendahuluan menunjukkan perlu dilakukannya pemeriksaan atas pengelolaan belanja daerah untuk meningkatkan pembangunan manusia, juga membahas rencana strategis (RENSTRA) BPK RI tahun 2016 - 2020. Sementara itu pemeriksaan kinerja terinci atas efektivitas pengelolaan belanja daerah untuk meningkatkan pembangunan manusia tahun 2017 / 2019.

Bupati Bone, Dr.H.A.Fahsar M.Padjalangi M.Si. dalam kesempatannya mengemukakan “Entry meeting merupakan Pemeriksaan kinerja terinci atas efektivitas pengelolaan belanja daerah untuk meningkatkan pembangunan manusia tahun 2017 / 2019.” Ujarnya.

Adapun jangka waktu pemeriksaan yang di bagi menjadi 2 yaitu pemeriksaan terinci dilaksanakan selama 35 hari kelender, dari 26 oktober sampai 29 November 2020. Pemeriksaan dilakukan dengan cara daring (online) dan ke lapangan ( tatap muka ).

Entrry Meeting BPK ini diikuti dengan saksama oleh Walikota Palopo bersama unsur pejabatnya, menyimak pejelasan terkait efektivitas pengelolaan belanja daerah.

Adapun teknik pemeriksaan yang di gunakan untuk memperoleh bukti pemeriksaan ialah review dokumen, wawancara, observasi, konfirmasi, Focus group discussion dan kuesioner. Salah satu tujuan pemeriksaan yaitu menilai efetivitas pengelolaan belanja daerah untuk meningkatkan pembangunan manusia pada pemerintah daerah . (Yuli/Nur_Diskominfo Palopo).