Palopo-  Dalam rangka mengoptimalkan upaya pelaksanaan pencegahan dan bahaya penyalahgunaan narkoba di kalangan generasi muda, BNN Kota Palopo menggandeng Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI ) cabang Palopo sebagai salah satu agen untuk menumbuhkembangkan semangat kesadaran generasi muda dalam menanggkal bahaya laten narkoba.   Hal itu tampak pada pelaksanaan kegiatan diseminasi informasi P4GN yang digelar oleh BNN di gereja Maranatha, kelurahan Pattene, kecamatan Wara Utara, Kamis(7/11/2019). 

Dalam P4GN tersebut menghadirikan Yohana Darma Yosita, SH salah satu pegiat anti narkoba dan kepala BNN Palopo, AKBP Ustim Pangarian, SE.M.Si sebagai narasumber dihadapan puluhan mahasiswa yang tergabung dalam GMKI. Dalam paparannya, kepala BNN Palopo mewanti-wanti agar kalangan mahasiswa tidak mudah dan mau tergiur dengan modus dalam bentuk apapun terkait praktik penyalahgunaan dan peredaran narkoba.  Dirinya mengajak kepada pengurus dan kader GMKI agar dapat menjadi panutan sekaligus agen dikalangannya masing-masing untuk menangkal bahaya narkoba. Mantan Kabid pemberantasan BNN Provinsi Sulawesi Selatan itu juga menegaskan bahwa saat ini pihaknya terus mendukung penguatan regulasi penanganan dan pencegahan narkoba. “ GMKI harus mengedapankan semangat kasih dalam mengajak para generasi muda untuk menjauhi dan menangkal bahaya narkoba “ tandas mantan Kapolsek Tondon, Kabupaten Toraja utara tersebut.

Sementara itu, Yohana Darma Yosita, SH menagjak para mahasiswa untuk tidak sampai ikut-ikut dan mencoba gaya hidup yang justru dapat menjerumuskan generasi muda pada bahaya narkoba.  Pegiat narkoba yang pernah tergabung dalam ormas GRANAT tersebut juga menyinggung bahwa apabila seseorang telah terjerumus pada praktik peredaran narkoba, maka besar kemungkinannya akan terjangkit penyakit HIV/ AIDS.   Alumni fakultas hukum Unhas - Makassar tersebut menyarankan kepada pengurus dan kader GMKI agar senantiasa melibatkan diri pada kegiatan positif dan bermanfaat sebagai salah satu upaya untuk menghindari pengaruh dan ancaman bahaya narkoba.

Berkaitan dengan itu, ketua GMKI Palopo , Parinding menyambut baik dan siap mendukung upaya BNN dalam memerangi narkoba, khususnya dikalangan generasi muda.  Acara tersebut dibuka secara resmi oleh asisten I Setda Palopo, H.Burhan Nurdin yang mewakili Wali Kota Palopo. ( Nunu Purwati_ Herawan_red_Diskominfo Palopo )