Loading...
  • Jl. Andi Djemma No. 66 Kota Palopo
  • info@palopkota.go.id

Bimtek UPZ, Upaya Tata Kelola Zakat Infaq & Sedekah Sampai Pada Penerima Yang Haq

Diskominfo Palopo Selasa, 21 Maret 2023 Kesra 661 Kali
Bimtek UPZ, Upaya Tata Kelola Zakat Infaq & Sedekah Sampai Pada Penerima Yang Haq, 21/03/2023

PALOPO - Asisten III, Bidang Administrasi Umum, Nuryadin, SH.,MH, mewakili Walikota, membuka resmi Bimtek Unit Pengumpulan dan Pendistribusian Zakat (UPZ), Masjid se-Kota Palopo, di Gedung Serbaguna Sinar Situju, Selasa 21 Maret 2023.

Kegiatan ini, dalam rangka optimalisasi pengumpulan, pendistribusian, penatausahaan, dan pendayagunaan zakat, (Fitrah & Mal), infaq, dan sedekah, pada Unit Pengumpul Zakat (UPZ),

Ketua Panitia, Sumarsono, menyampaikan kegiatan ini ditujukan untuk silaturahmi, kemudian penguatan, pengumpulan dan pendistribusian zakat infak dan sedekah.

"Intinya bagaimana pengisian format seragam dan cara pengisiannya, agar pengelolaan zakat, infaq dan sedekah, dapat dilakukan dengan optimal."

Peserta yang mengikuti Bimtek UPZ ini, 426 orang dari, 194 masjid. dan para Pengurus Amil Zakat se-Kota Palopo.

Ketua Baznas Kota Palopo, As'ad Syam, SE., M.A, dalam kasempatannya menyampaikan bahwa tercapainya pendistribusian zakat infaq dan sedekah ini, mesti benar-benar sampai pada  penerima yang haq, dan ada 17.162 orang miskin di kota Palopo, dengan penyaluran dan pengelolaan yang benar, kita dapat bersama-sama bersinergi dengan Pemerintah Kota Palopo berupaya meningkatkan ekonomi umat.

“Pada saat sekarangpun jika dilihat dari perkembangan dan banyaknya lembaga zakat yang ada, selayaknya Zakat Infak dan Sedekah ini, mampu meningkatkan masyarakat sebagai mustahiq menjadi muzakki, karena dengan pengelolaan yang benar dan terarah, tujuan ZIS ini dapat tercapai.” Jelasnya.

Sementara itu, sambutan Walikota Palopo yang disampaikan oleh Asisten III Administrasi Umum, Nuryadin, SH.,MH, menyampaikan, dari waktu ke waktu, kita perlu mengevaluasi kinerja kita, apakah sudah sesuai dengan harapan, tentunya pertemuan ini,  narasumber akan memberikan strategi, dan kreatifitas pengumpulan dana Umat, di masjid–masjid lebih baik lagi.

Berbagai langkah mungkin perlu di pertimbangkan, Atau perlu melakukan jemput bola bagi Umat Islam, yang akan memberikan zakat, sedekah, atau infak yang akan di sumbangkan.

“Dari sisi pendistribusian, juga perlu mendapat perhatian, kiranya mereka yang memperoleh dana bantuan, adalah mereka benar-benar yang layak mendapatkanya. Oleh sebab itu  penilaian sarat penerima harus benar-benar di seleksi dengan cermat. Hal ini untuk meningkatkan status mustahik menjadi muzakki melalui pemulihan, peningkatan kualitas SDM, dan pengembangan ekonomi masyarakat.” Ujarnya.

Turut hadir, Pimpinan Badan Amil Zakat se-Kota Palopo, Ikatan Mubaligh se- Kota Palopo, pengurus Lembaga Amil Zakat Kota Palopo, Pengurus LAZ Muhammadiah, pengurus LAZ Wahdah Islamiah, pengurus Rumah Zakat, dan para peserta Bimtek