Palopo - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Palopo Menggelar Seminar Pengawasan Partisipatif Yang di Rangkaikan Dengan Penandatanganan MoU Pengawasan Partisipatif, di Laksanakan di Gedung Saodanrae Convention Center (SCC) Kota Palopo,
Senin 26 Oktober 2020

Koordinator sekretariat bawaslu Kota Palopo Moh.Maulana Noor S, dalam laporannya menyampaikan bahwa peserta kegiatan ini diikuti sebanyak 100 orang terdiri dari ketua lembaga dan universitas, dan adapun maksud diadakan Seminar ini untuk melibatkan para universitas dan beberapa lembaga untuk berpartisipasi dalam pengawasan demi tercapainya pemilu yang jujur dan adil adapun tujuan pelaksanaan kegiatan untuk memberikan pemahaman kepada peserta tentang pentingnya dalam pelaksanaan pemilu.

Ketua Bawaslu Kota Palopo Dr. Asbudi Dwi Saputra, SH.,M.Kn menyampaikan bahwa kegiatan seminar ini dilaksanakan sesuai dengan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19, tujuan dari melaksanakan kegiatan ini adalah melakukan pencegahan, melakukan pengawasan, melakukan penindakan dan penyelesaian sengketa proses.

" Yang kita lakukan sekarang ini adalah kegiatan pencegahan, jadi semakin banyak kita melakukan pencegahan semakin baik, banyak metode-metode yang dapat kita lakukan salah satunya melakukan sosialisasi memberikan pencerahan, memberikan pengetahuan terbaru karena dinamisme yang berkembang dengan tinggi."Jelasnya.

Mewakili Walikota Palopo, Kepala Kesbangpol Dr. Drs. H. Baso Sulaiman, M.Si. dalam sambutannya menyampaikan sebagaimana kita ketahui sangat pentingnya partisipasi aktif bagi masyarakat dalam pemilihan. Dalam partisipasi untuk menggunakan hak pilih serta partisipasi mengawasi proses tahapan dan melaporkan jika menemukan pelanggaran dalam pelaksanaan pemilu.

Dalam pengawasan pemilu tantangan besar bagi bawaslu itu membangun kesadaran tinggi masyarakat, kesadaran masyarakat dalam proses partisipasi, karena kesadaran masyarakat dalam partisipasi sudah sangat jauh berubah maupun partai politik yang main-main dengan money politik untuk itulah diperlukan kita bersinergi bersama-sama.

Kegiatan tersebut di lanjutkan dengan penandatanganan MOU pengawasan partisipatif dengan beberapa lembaga dan universitas yang bekerja sama. (Nunu_Diskominfo Palopo)