Loading...
  • Jl. Andi Djemma No. 66 Kota Palopo
  • info@palopkota.go.id

Asisten III Setda Palopo : " UMKM tulang punggung perekonomian bangsa "

Diskominfo Jumat, 08 November 2019 Pembangunan 1531 Kali
Asisten III Setda Palopo , DR.Ishak Iskandar, saat menyampaikan sambutan ( foto : Awalany Azhar_Disk

Palopo-  Sebanyak 35 orang pelaku UMKM mendapatkan kesempatan untuk mengikuti rangkaian pelatihan kewirausahan standardisasi pengelolahan makanan dan minuman di aula PLUT KUMKM -Palopo,Kamis(7/11/2019).  Pelatihan yang digagas oleh Dinas Koperasi dan UMKM Palopo tersebut bertujuan untuk melakukan upaya perlindungan kepentingan publik dan lingkungan serta peningkatan kepercayaan masyarakat terhadap produk nasional.  Menurut Kadis Koperasi Palopo, Dra.Munasirah bahwa sasaran pelaksanaan pelatihan itu adalah untuk memberi pemahaman kepada pelaku UMKM tentang standarisasi pangan sesuai kaidah yang berlaku.

Sementara itu, asisten III Setda Palopo Dr.dr.H.Ishak Iskandar, menegaskan bahwa UMKM adalah tulang punggung perekonomian bangsa sehingga perlu mendapat perhatian secara berkesinambungan. Ia menaruh harapn kepada pelaku UMKM agar turut mengembangakn produk pangan tradisional dengan membuat kemasan yang dapat menjaga kualitas bahan produk pangan tersebut sehingga dapat bertahan dalam waktu yang cukup lama.  Mantan kadis kesehatan Palopo itu juga mengingatkan para pelaku UMKM agar menyikapi persaingan dengan pelaku bisnis online yang saat ini makin berkembang.  Dirinya juga mengingatkan para pelaku UMKM tentang pentingnya menjaga standar kesehatan produk yang dikelolah oleh UMKM

“ UMKM juga harus menjaga kepercayaan publik dengan memiliki legalitas usaha , termasuk perlu melengkapi diri dengan Sertifikasi Pangan Industri Rumah Tangga (S-PIRT) sehingga dengan adanya sertifikasi tersebut dapat mempengaruhi nilai jual atau daya saing yang lebih baik dipasaran “ ujarnya .  hadir sebagai narasumber dalam kesempatan itu diantaranya Dra.Nurtati R0ahman ,Apt.M.Kes, Kepala Loka POM Kota Palopo. ( Nurul Hikmah_Diskominfo Palopo )