Loading...
  • Jl. Andi Djemma No. 66 Kota Palopo
  • info@palopkota.go.id

APEKSI diharapkan bangun koneksi luar negeri

Diskominfo Rabu, 10 April 2019 Pemerintahan 694 Kali
Suasana pembukaan Rakerwil APEKSI ( foto : Awalany Azhar_Diskominfo Palopo )

Palopo- Pelaksanaan Rapat kerja wilayah ( Rakerwil ) Asosiasi pemerintah Kota seluruh indonesia wilayah VI yang meliputi Sulawesi, Maluku dan Papua, resmi dibuka oleh Asisten I Setda provinsi Sulawesi Selatan, jumat malam (5/4/2019) di tribun lapangan Pancasila-Palopo. Meski sempat diguyur hujan, namun pelaksanaan pembukaan yang dihadiri oleh sejumlah kepala daerah dan perwakilan kepala daerah, acara tersebut tetap berlangsung dengan lancar.

Dalam sambutannya, asisten I Setda Provinsi Sulawesi Selatan yang mewakili Gubernur Sulawesi Selatan berharap   pemerintah Kota dapat meningkatkan kosntribusi terkait dengan berbagai persoalan terkini yang dihadapi masing-masing daerah. Dirinya juga menekankan agar pelaksanaan rapat kerja tidak bersifat seremonial saja, namun diharapkan dapat menghasilkan rekomendasi serta pemikiran yang selanjutnya dijadikan sebagai bahan dalam pelaksanaan raker tingkat nasional yang akan dilaksanakan pada bulan Juni 2019.  Dirinya juga berpesan agar kedepan APEKSI mampu tampil sebagai wadah yang dapat mendorong terwujudnya tata kelola pemerintahan yang professional bahwasanya dan mampu menjalin kerjasama dengan negara lain termasuk membangun kerjasama ekonomi antar daerah yang berskala. Ia bahkan menekankan agar masing-masing kepala daerah mampu tampil secara visioner. Dalam kesempatan yang sama, dirinya mengingatkan kepala daerah untuk memastikan pelaksanaan Pemilu 2019 di daerah masing-masing dapat berjalan lancar.

Sementara itu , Wali Kota Palopo H.M. Judas Amir, MH dalam sambutan penerimaannya  memperkenalkan Kota Palopo sebagai salah satu kota pejuan dan penuh jejak sejarah. “ Momentum ini perlu dijadikan wadah untuk  membangun kolaborasi aktif, membangun sinergi dan kerjasama yang mutual antara daerah  sebagai bagian dari warga Indonesia dan komunitas dunia” tuturnya.

Pembukaan Raker APEKSI komisariat wilayah VI ditandai dengan pemukulan gong oleh asisten I Setda Provinsi Sulawesi Selatan.  Selain dihadiri oleh kepala daerah peserta APEKSI, acara pembukaan itu juga dihadiri oleh perwakilan kabupaten se-Tana Luwu, unsur Forkopimda, pimpian perguruan tinggi dan kepala perangkat daerah lingkup pemkot Palopo. ( nunu Purwati_Diskominfo Palopo ).