Palopo- Sebanyak 441 mahasiswa S1 dan S2 IAIN Palopo resmi menyandang gelar akademik sesuai jurusan masing-masing. Pelaksanaan wisuda sarjana dan magister ke-26 tahun akademik 2018/2019 dilaksanakan pada hari Kamis (28/02/2019) di auditorium IAIN Palopo.   Rektor IAIN Palopo, DR.Abdul Pirol dalam sambutannya pada kesempatan itu mengingatkan bahwa dengan bertambahnya lulusan perguruan tinggi menjadi tantangan tersendiri bagi kaum terdidik.  Namun demikian ia meyakinkan bahwa harapan akan terbuka dengan menjadi pelopor sekaligus pemrakarsa dalam kehidupan masyarakat. Pirol juga mengingatkan bahwa alumni IAIN Palopo idealnya mampu memadukan semangat kelimuan dan kearifan lokal.

“ IAIN Palopo menjadi garda terdepan dalam merawat NKRI dengan berdasar pada Pancasila dan UUD 1945 serta kebhinekaan “ tandasnya seraya mewanti-wanti para mahasiswa dan alumni agar mampu menyesuaikan kompetensinya dengan era disrupsi seperti sekarang ini agar tetap bias survive.

Sementara itu, Wali Kota Palopo dalam sambutan tertulisnya yang disampaikan oleh kepala Kesbangpol dan Linmas  DR.H.Baso Sulaiman mengatakan bahwa kemajuan Kota Palopo saat sekarang ini tak terlepas dari peran IAIN Palopo beserta sejumlah perguruan tinggi lainnya. “ Kondisi ini sangat menguntungkan karena berdampak positif pada penguatan kualitas SDM, termasuk penguatan akhlak karimah. Jika bagus generasi mudanya maka akan baiklah bangsa itu, sebaliknya jika rusak generasi mudanya maka rusaklah bangsa itu “ ucapnya sambil mendoakan agar alumni IAIN Palopo mampu menjadi calon pemimpin andal pada masa mendatang. Dirinya juga mendorong para mahasiswa agar selalu berinovasi.

Dalam kesempatan itu , Sekretaris Ditjen Pendidikan Agama Islam Kementrian Agama Republik Indonesia, DR.H.Imam Safe`I M.Pd bertindak sebagai pembawa orasi ilmiah dihadapan civitas akademika IAIN Palopo.  Pada wisuda tersebut, mahasiswa bernama Adrianto dari jurusan Fakultas Tarbiyah dan ilmu keguruan tampil sebagai peraih IPK tertinggi yakni 3,80, disusul oleh Nurjannah dari Fakultas Ekonomi dengan IPK 3,76 sementara dari program pascasarjana tampil sebagai peraih IPK tertinggi yaitu Andi Nurjihad dengan IPK 3,79 . ( Nurul Hikmah_Diskominfo Palopo )