Loading...
  • Jl. Andi Djemma No. 66 Kota Palopo
  • info@palopkota.go.id

PALOPO RAMAH INVESTASI

Luar wilayah administrasi Kota Palopo sekitar 247,52 km persegi. Secara geografis Kota Palopo kurang lebih 375 Km dari Kota Makassar ke arah utara dengan posisi antara 120 0 03 - 120 0 17,3 BT dan 2 0 53,13 - 3 0 4 LS pada ketinggian - 300 meter diatas permukaan laut.

Kota Palopo di bagian sisi sebelah Timur memanjang dari Utara ke Selatan merupakan dataran rendan atau Kawasan Pantai seluas kurang lebih 30% dari total keseluruhan, sedangkan lainnya bergunung dan berbukit dibagian barat, memanjang dari Utara ke Selatan, dengan ketinggian maksimum adalah 1000 meter diatas permukaan laut.

Kota Palopo sebagai sebuah daerah otonom hasil pemekaran dari Kabupaten Luwu, dengan batas:

  • Sebelah Utara berbatasan dengan Kecamatan Walenrang Kabupaten Luwu;
  • Sebelah Timur dengan Teluk Bone;
  • Sebelah Selatan berbatasan dengan Kecamatan Bua Kabupaten Luwu;
  • Sebelah Barat berbatasan dengan Kecamatan Tondon Nanggala Kabupaten Toraja.

 

 Gambar: Palopo dalam Investasi

 

LUAS WILAYAH

Luas Wilayah administrasi Kota Palopo sekitar 247,52 kilometer persegi atau sama dengan 0,39% dari luas wilayah Propinsi Sulawesi Selatan. Dengan potensi luas wilayah seperti itu, oleh Pemerintah Kota Palopo telah membagi wilayah Kota Palopo menjadi 9 Kecamatan dan 48 Kelurahan pada Tahun 2005.

Wilayah Kota Palopo sebagian besar merupakan dataran rendah dengan keberadaannya diwilayah pesisi pantai. Sekitar 62,85% dari total luas daerah Kota Palopo, menunjukkan bahwa yang merupakan daerah dengan ketinggian 0-500 meter diatas permukaan laut, sekitar 24,76% terletak pada ketinggian 501-1000 meter diatas permukaan laut, dan selebihnya sekitar 12,39% yang terletak diatas ketinggian lebih dari 1000 meter diatas permukaan laut.

 

TOPOGRAFI & KELERENGAN

Kondisi permukaan tanah kawasan perkotaan (Kawasan Build-up Area) cenderung datar, linier sepanjang jalan Trans Sulawesi, dan sedikit menyebar pada arah jalan kolektor dan jalan lingkungan di wilayah perkotaan, sedangkan kawasan yang menjadi pusat kegiatan dan cukup padat adalah disekitar kawasan pasar (pusat perdagangan dan jasa), sekitar perkantoran dan sepanjang pesisir pantai, yang merupakan kawasan permukiman kumuh yang basah dengan kondisi tanah genangan dan pasang surut air laut.

Secara garis besar keadaan topografis Kota Palopo ini terdiri dari 3 variasi yaitu daratan rendah sepanjang pantai, wilayah perbukitan bergelombang dan datar bagian tengah, dan wilayah dan perbukitan dan pegunungan di bagian barat, selatan dan sebagian di bagian utara.

 

KEADAAN IKLIM

Kota Palopo secara spesifik dipengaruhi oleh adanya iklim tropis basah, dengan keadaan curah hujan bervariasi antar 500 - 1000 mm / tahun sedangkan untuk daerah hulu sungai di bagian pegunungan berkisar antara 1000 - 2000 mm / tahun. Suhu udara berkisar antar 25,5 sampai dengan 29,7 derajat C dan berkurang 0,6 derajat C setiap kenaikan sampai dengan 85 % tergantung lamanya penyinaran matahari yang bervariasi antara 5,2 sampai 8,5 jam perhari.