PALOPO - Pembukaan Pekan Raya Palopo yang diadakan oleh Pemerintah Kota Palopo dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Palopo yang ke 13 dimeriahkan artis ibu Kota Juwita Thofany Sanjaya atau yang akrab disapa Juwita Bahar, Sabtu (6/6) malam kemarin.

"Bukan hanya Juwita Bahar yang akan menghibur masyarakat Kota Palopo, juga nantinya akan ada Dirly Idol," ungkap Endang Setiawati, ketua pelaksanaan pekan raya palopo.

Acara yang dihadiri sekaligus dibuka oleh Wakil Gubernur (Wagub) Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) dalam hal ini diwakili oleh Asisten III Administrasi Ruslan Abu mengungkapkan sangat bangga dengan Kota Palopo karena hingga umur 13 Tahun ini, Kota Palopo banyak mengalami perubahan atau semakin maju. Dia juga mengungkapkan Kota Palopo terbilang Kota yang aman.

"Saya sangat senang dengan perkembangan yang dialami oleh Kota Palopo dengan umurnya ke 13 Tahun ini. Dirinya juga sangat senang bisa hadir dipembukaan Pekan Raya Palopo ini, dimana Kota Palopo dulunya tempat saya mengenyam pendidikan dibangku Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Atas (SMA)," ungkpanya.

Walikota Palopo, HM Judas Amir dalam sambutannya mengatakan diumur yang 13 Tahun Kota palopo ini, mampukah masyarakat Palopo memperlihatkan diluar Daerah bahwa Kota Palopo sudah bertekad menjaga keamanan dan siap meyukseskan serta memperlihatkan kalau Kota Palopo termasuk salah satu Kota yang aman.

"Ini sebagai ujian untuk maasyarakat Kota Palopo, bagaimana caranya agar Pekan Raya Palopo ini bisa berjalan dengan sukses dan aman," Ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Panitia, Muctar Basir dalam laporannya mengatakan sepanjang HUT Kota Palopo, beberapa acara telah dilaksanakan yakni lomba kebersihan, kejuaraan tennis Walikota Cup, pekan raya Palopo yang dilaksanakan dari tanggal 6 - 12 Juni 2015, dzikir bersama, peringatan hari jadi yang dilaksanakan ditanggal 2 July 2015 mendatang dengan buka bersama di Islamic Center Kota Palopo, Palopo RUn yang diadakan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora), kejuaran menembak Walikota cup serta pertandingan antara Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

Muctar Basir selaku Kepala Dinas Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Kota Palopo, juga mengatakan Pekan Raya Palopo sebagai sarana info ke masyarakat tentang program-program Kota Palopo.

"Sebagai promosi pelaku ekonomi produk unggulan ke masyarakat Tanah Luwu. Ini jugab menjadi hiburan masyarakat dan menjadi ajang 40 SKPD dalam rangka mempromosikan capaian program," jelasnya.

Diakhir acara Walikota bersama tamu undangan yang hadir mengunjungi stand SKPD yang ada dipelataran Lagaligo.

Turut hadir juga dalam acara tersebut, Sekertaris Daerah (SEKDA) Kota Palopo, Kapolres Kota Palopo, Kajari Kota Palopo, Asisten I Kota Palopo, Camat dan Lurah Kota Palopo, serta jajaran Instansi Kota Palopo. (Hendra Humas)