Kantor BPJS Cabang Kota Palopo, Jl Gunung Torpedo, Kecamatan Wara, Kota Palopo, dipadati warga, selasa (7/2/2017) siang.
Warga berbondong - bondong datang untuk mendaftarkan diri sebagai peserta BPJS secara gratis.
 
Wali Kota Palopo H. Muhammad  Judas Amir, memiliki program pelayanan kesehatan gratis yang bekerja sama dengan BPJS kesehatan yang diberi nama BPJS tuntas atau jaminan kesehatan daerah (Jamkesda) 
 
Dikesempatan itu, Judas yang didampingi Kepala Inspektorat Samil Ilyas dan Kabag Humas Maksum Runi, meminta kepada masyarakat agar menyampaikan kebaikan ini ke sesama warga kota palopo, karena peogram ini hanya tiga daerah yang melaksanakan.
 
Program ini juga tidak membeda bedakan status masyarakat, bahkan dirinya menyampaikan kalau semua warga kota palopo yang dibuktikan dengan kepemilikan KTP dan KK Sebagai Warga Kota Palopo, berhak mendapatkan fasilitas kesehatan gratis. “ mau warga yang mampu atau tidak mampu silahkan mendaftarkan diri dan nantinya akan mendapatkan fasilitas kelas III di rumah sakit,” ungkap Judas di hadapan warga yang antri mendaftarkan diri dan keluarganya.
 
Tinjauan dilapangan Warga yang datang cukup membawa kartu tanda penduduk (KTP) dan kartu keluarga, setelah itu bisa mendapatkan kartu kesehatan gratis.
 
Identitas KTP dan KK ini juga  bisa langsung digunakan disetiap rumah sakit di Kota Palopo yang bekerja sama dengan BPJS kesehatan.
 
Kepala Unit Kepesertaan BPJS Palopo, Aswin mengatakan, hingga saat ini sudah 868 kepala keluarga yang sudah terdaftar.
“ Sebelumnya Pendaftaran dibuka pada hari Jumat lalu, dan yang terdaftar hingga saatbini ada 868 kepala keluarga," jelasnya.
 
Pemerintah Palopo menargetkan selama dua bulan kedapan sudah 90 persen warga Palopo yang mendapatkan kartu BPJS secara geratis. Yang nantinya akan bisa digunakan untuk mendapakan pelayanan kesehatan gratis di seluruh rumah sakit yang bekerja sama dengan BPJS.(hms)