Palopo- Wali Kota Palopo,H.M.Judas Amir mencanangkan secara resmi Gerakan Masyarakat Sehat (GERMAS) dan deklarasi Open Defecation Free (ODF) di lapangan tennis Indoor Rumah Jabatan Walikota Palopo, ahad ( 01/10/2017).   Dalam sambutannya, wali kota menekankan bahwa gerakan nasional yang diprakarsai oleh Presiden RI ini bertujuan untuk mewujudkan penguatan pembangunan kesehatan yang mengedepankan upaya promotif -preventif, tanpa mengesampingkan upaya kuratif-rehabilitatif yang melibatkan seluruh komponen dalam memasyarakatkan paradigma sehat. “ Permasalahan kesehatan yang timbul saat ini merupakan akibat dari perilaku hidup yang tidak sehat ditambah sanitasi lingkungan serta ketersediaan air bersih yang masih kurang memadai di beberapa tempat.” ungkap wali kota seraya mengajak masyarakat untuk mewujudkan perilaku hidup sehat dari dalam keluarga masing-masing dan meninggalkan perilaku dan kebiasaan yang kurang baik.

Dalam rangka menyukseskan GERMAS dan ODF wali kota berharap agar semua pihak menyatukan persespi dan kerjasama untuk meningkatkan kesadaran, kemauan, dan  kemampuan hidup sehat bagi setiap orang. Karena itu, lanjut wali kota pelaksanaan GERMAS harus dimulai dari keluarga, karena keluarga adalah bagian terkecil dari masyarakat yang membentuk kepribadian. GERMAS meliputi kegiatan: melakukan aktifitas fisik, mengonsumsi sayur dan buah, tidak merokok, tidak mengonsumsi alkohol, memeriksa kesehatan secara rutin, membersihkan lingkungan, dan menggunakan jamban. Pada tahap awal, GERMAS secara nasional dimulai dengan berfokus pada tiga kegiatan, yaitu melakukan aktivitas fisik 30 menit per hari, mengonsumsi buah dan sayur dan memeriksakan kesehatan secara rutin minimal 6 bulan sekali sebagai upaya deteksi dini penyakit.

Sementara terkait ODF, walikota meminta dukungan masyarakat untuk menciptakan sanitasi yang layak dengan ketersediaan air bersih. “ jangan lagi biasakan buang hajat sembarangan “ harap Walikota. Pencanangan Germas dan Deklarasi ODF yang dihadiri oleh sejumlah kepala OPD, camat dan lurah tersebut ditandai dengan pemukulan gong oleh wali kota dan disaksikan oleh Ketua Forum Kota Sehat Palopo, Drs.Ansar Pandaka dan Kadis Kesehatan DR.dr.H.M.Ishaq Iskandar. Sedangkan deklarasi ODF ditandai dengan pembubuhan tanda tangan oleh wali kota beserta para pejabat dan undangan yang hadir pada kesempatan itu dalam lembaran naskah deklarasi yang disiapkan ( red_Diskominfo )