Wali Kota Palopo, H Muhammad Judas Amir, marah bahkan sempat berang saat meninjau lokasi satelit ayam  UPTD Perbibitan Ayam Mancani, Selasa 30/01/17.
 
Kemarahan Walikota Palopo cukup beralasan, karena melihat kondisi kandang pembibitan ayam yang dinilainya kurang memadai dan belum siap menampung 5.000 ekor lebih ayam. Sementara berdasarkan data Kementan telah menjanjikan akan mengirim 5.060 ekor bibit ayam ke Palopo. Belum lagi ayam yang diminta ke Kementerian Pertanian bukanlah ayam jenis yang diinginkan wali kota.
 
Kepala UPTD Perbibitan Ayam Mancani, Azhari, menyampaikan, jika ayam Kampung Unggul Badan Litbang Pertanian (Ayam KUB) yang diinginkan wali kota, digantikan dengan jenis ayam arab golden, ayam arab silver, dan ayam kipas, yang sebentar lagi akan dikirim.
 
Setelah melihat kondisi kandang, Walikota kemudian masuk ke kantor UPTD, untuk membahas strategi,   bagaimana menyukseskan program 1000 kandang dan satelit ayam ini. Usai  rapat di kantor UPTD, Judas memerintahkan untuk memperlebar kandang agar bisa lebih luas yang bisa menampung sekitar 2000 lebih ekor untuk tahap pertama. Karena kapasitas kandang yang ada, hanya bisa menampung sekitar 1000 ekor ayam.
 
Terkait jenis ayam yang tidak sesuai setelah mendapatkan penjelasan dari pihak Dinas Pertanian Palopo, walikota  tidak keberatan jika ayam arab golden yang diminta. Sebab menurut dinas pertanian, ayam arab golden juga adalah ayam kampung yang lebih baik dan cepat berkembang biak, dan bibit ayam tersebut yang rencananya akan didistribusikan ke masyarakat, para penerima manfaat.
 
Sementara Kadis Pertanian Palopo, Harisman, menuturkan, kandang yang ada di UPTD saat ini yang baru berkapasitas 1000 ekor. Dan pihaknya memang masih membutuhkan  tambahan anggaran untuk pembuatan kandang ayam yang baru. Hanya saja, saat asistensi anggaran, Bappeda tidak tidak memperioritaskan program tersebut.
 
Kepala Bappeda Palopo, Firmanzah DP, yang juga turut dalam rombongan Walikota menampik hal itu. Menurutnya, pihaknya telah mengalokasikan di APBDP 2016. Sehingga sarannya alokasi tersebut yang terlebi dahulu dimaksimalkan.
 
Kunjungan Judas ke satelit ayam ini untuk memastikan kesiapan UPTD menampung bibit ayam bantuan kementerian, yang dalam waktu dekat akan dikirim ke Palopo.
 
Selain Walikota Palopo, hadir dalam peninjauan tersebut  Kepala Bappeda Firmazah, Kadis Pertanian Harisman,  Kabag Humas Maksum Runi, Kadis PU Anthonius Dengen, serta Camat Telluwanua Darsan Dappi.(egi/hms)