Palopo-  APBD Kota Palopo tahun 2018 naik setelah melalui pembahasan yang dilakukan oleh badan anggaran. Hal itu terungkap saat pelaksanaan rapat paripurna DPRD Kota Palopo, kamis(30/8/2018)  diruang rapat paripurna DPRD Palopo. Tim Banggar DPRD Palopo dalam laporannya yang disampaikan oleh Dahri Suli, SE mengatakan bahwa penyusunan kebijakan umum perubahan APBD Kota Palopo TA 2018 akan dijadikan dasar dalam penyusunan prioritas dan flapon anggaran sementara tentang perubahan APBD Kota Palopo tahun anggaran 2018 .  “ Penekana pada anggaran kali ini hendaknya berbasis pada kinerja yaitu bahwa setiap alokasi biaya yang dikeluarkan harus dikaitkan dengan tingkat pelayanan atau hasil yang diharapkan dapat tercapai “ ucapnya sambil mengingatkan bahwa dalam pembahasan KUA-PPAS perubahan APBD Kota Palopo TA 2018 ini hendaknya diselaraskan dengan RPJMD,visi misi pemerintah daerah, hasil reses dan pokok pikiran DPRD Kota Palopo.

Dahri Suli juga menyampaikan bahwa seiring dengan adanya kebijakan dari pemerintah pusat, pemerintah provinsi maupun pemerintah daerah serta perubahan  kebijakan terkait dengan penganggaran lainnya yang harus disesuaikan, maka perlu dilakukan penyesuaian dalam perubahan kebijakan umum APBD tahun anggaran bersangkutan. Perubahan yang perlu disesuaikan tersebut di antaranya adalah adanya asumsi dasar kebijakan umum APBD,adanya beberapa perubahan penerimaan alokasi pendapatan dari pemerintah pusat dan provinsi, serta penyesuaian perhitungan pendapatan asli daerah.

Dalam rapat yang dipimpin langsung oleh ketua DPRD Palopo, Harisal Latief, S.Pi tersebut diuraikan secara garis besar perubahan kebijakan umum dan perubahan prioritas dan plafon anggaran smentara APBD kota palopo tahun anggaran 2018 yaitu rencana target pendapatan daerah pada APBD perubahan tahun anggaran 2018 yaitu: dari target pada APBD pokok sebesar Rp. 978,37 milyar menjadi sebesar Rp 1 triliun lebih bertambah sebesar 22,23 Milyar lebih atau naik 2,27 %.  Kenaikan itu disebabkan oleh target Pendapatan Asli  Daerah(PAD) pada APBD pokok TA 2018 sebesar Rp. 145,21 milyar lebih menjadi sebesar Rp. 155,98 milyar atau di rencanakan bertambah besar 10,76 milyar lebih atau 7,42% rencana kenaikan target PAD tersebut bersumber dari pajak dan retribusi daerah  dan lain-lain Pendapatan Asli Daerah yang sah.

Berkaitan dengan  itu, tim Banggar DPRD Palopo menyampaikan sejumlah saran kepada pemerintah Kota Palopo diantaranya agar mengoptimalkan seluruh sumber-sumber pendapatan daerah khususnya, yang kedua agar melaksanakn program dan kegiatan tepat waktu dan sesuai perencanaan,baik itu yang sudah termuat pada APBD Pokok maupun usulan baru yang telah di setujui sehingga tidak menimbulkan SILPA yang besar dan kemungkinan akan menjdi hutang belanja. ( Nurul Hikmah_Diskominfo Palopo )