Palopo – Era emansipasi wanita dalam beberapa dekade ini makin menunjukkan kemajuan signifikan. Kemapanan kaum perempuan dalam memanfatakan peluang telah membuahkan hasil, sehingga tak sedikit kaum perempuan telah menjadi leader  dalam organisasi pemerintahan dan organisasi kemasyarakatan. Hal itu diungkapkan oleh Sekretaris Daerah Palopo, H.Jamaluddin Nuhung, SH.MH saat membuka acara pelatihan perencanaan dan penganggaran berbasis gender di Hotel Harapan-Palopo, senin(6/11/2017).

Dalam kegiatan yang dilaksanakan selama 2 (dua) hari tersebut, Sekda juga mengajak kepada kaum perempuan di Kota Palopo untuk bersyukur karena dengan semangat demokrasi yang dikembangkan di negeri ini membuat kaum perempuan mendapat porsi dan ruang gerak yang cukup dalam mengekspresikan dirinya, sehingga pola kesetaraan gender makin luas. “ Kaum perempuan di Arab Saudi saja oleh pihak kerajaan baru diberi izin mengemudi kendaraan pada tahun 2018 mendatang, sementara di tanah air hal itu sudah berlangsung lama, jadi patut kita bersyukur “ ungkap Sekda yang pada kesempatan itu didampingi oleh Kadis Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Palopo, Suriani Suli, SH

Namun demikian, Sekda Palopo mengingatkan kepada kaum perempuan untuk tetap pada koridor yang ada sehingga kesetaraan gender yang diharapkan tidak sampai menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan. “ jangan sampai melampaui kodratnya” tuturnya. Lanjutnya bahwa keseimbangan masyarakat ditentukan oleh keseimbangan keluarga, karena itu Sekda Palopo mengajak agar semua masyarakat menjaga tatanan keluarga.  Adapun peserta pada kegiatan yang menghadirkan pemateri dari Prov.Sulawesi Selatan tersebut diantaranya kasubag perencanaan dari masing-masing Organisasi perangkat daerah se-Kota Palopo(red_yulianti_diskominfo )