Palopo- Untuk memberikan pendidikan secara komprehensif tentang Pemilu bagi pemilih, KPU RI menggagas program Rumah Pintar Pemilu di seluruh tanah air. Kota Palopo menjadi salah satu daerah yang mendapatkan program tersebut bersama 14 kabupaten/ kota lainnya di Sulawesi Selatan. Ketua KPU Palopo, Haidar Jidar, MH menyampaikan bahwa rumah pintar Pemilu dimaksudkan sebagai tempat informasi dan edukasi pemilu dan demokrasi. “ di Rumah Pintar Pemilu, masyarakat bisa melihat model simulasi proses pemilihan yang ditampilkan secara visual dan dilengkapi dengan alat peraga yang mirip dengan kondisi nyata tempat pemilihan umum “ ungkapnya saat acara peresmian Rumah Pintar Pemilu” Ware`” Palopo, kamis (6/4/2017).

Sementara itu komisioner KPU Sulawesi Selatan Khaerul Manna, SH.MH berharap agar keberadaan rumah pintar pemilu dapat mendidik dan mendorong kesadaran masyarakat tentang pentingnya berpartisipasi dalam pemilihan umum atau kepala daerah. "Kualitas Pemilu sangat ditentukan oleh tingkat partispasi pemilih, karena itu RPP ini harus mendorong semangat tersebut “ tuturnya seraya mengingatkan agar rumah pintar pemilu juga dimanfaatkan oleh jajaran KPU Palopo sebagai tempat belajar bagi komisioner dan staf sekretariat KPU.

Hal senada diutarakan oleh Sekda Palopo, H. Jamaluddin SH.MH bahwa pendidikan pemilu dan demokrasi bukan saja dibutuhkan oleh masyarakat awam melainkan juga bagi aparat pemerintah dan yang terpenting kata mantan kepala Inspektorat Palopo ini agar keberadaan rumah pintar pemilu tidak ada lagi tindakan diluar koridor lingkup jajaran KPU Palopo menyangkut pemilu kedepan sehingga benar-benar bisa melahirkan sosok pemimpin yang layak dan dapat dipercaya oleh masyarakat.

Peresmian tersebut turut pula dihadiri unsur TNI-Polri, Kejaksaan Negeri Palopo, dan segenap pimpinan partai politik se-Kota Palopo ( Faisal Ibrahim)