Palopo- Pemerintah Kota Palopo memproyeksikan akan meningkatkan status sejumlah Usaha  Kesehatan Sekolah ( UKS ) menjadi Puskesmas khusus di lingkungan sekolah. Hal itu diungkapkan oleh Wali Kota Palopo, H.M.Judas Amir, MH ketika menyampaikan sambutannya pada acara workshop manajemen pembinaan Usaha Kesehatan Sekolah/ Madrasah ( UKS /M ) se-Kota Palopo  di aula Kantor Wali Kota, rabu ( 1/11/2017).

Namun demikian, wali kota menegaskan bahwa tidak semua UKS akan diproyeksikan menjadi Puskesmas, melainkan berdasarkan syarat yang akan ditentukan kemudian, salah satunya adalah ketika sekolah bersangkutan jumlah muridnya mencapai kurang lebih 800 orang.  Wali Kota menambahkan bahwa dengan mengubah UKS menjadi Puskesmas maka akan sangat membantu serta memudahkan murid yang mungkin secara tiba-tiba sakit atau terluka di sekolah tak susah lagi dirujuk ke Puskesmas akan tetapi juga dilakukan penanganan secara cepat dan tepat di Puskesmas sekolah bersangkutan.

Selain itu, H.M.Judas Amir, MH menambahkan bahwa dengan pembentukan Puskesmas di lingkungan sekolah juga turut mempengaruhi ketersediaan lapangan pekerjaan bagi tenaga kesehatan di Kota Palopo. Pada kesempatan yang sama wali kota menjanjikan untuk melengkapi sejumlah sarana prasarana serta memberi insentif bagi tenaga UKS sehingga keberadaannya dapat lebih optimal dalam melayani masyarakat di lingkungan sekolah.   Acara yang dilaksanakan oleh Bagian Kesra Setda Palopo ini diikuti oleh kepala sekolah dan ketua komite sekolah dasar dan madrasah se-Kota Palopo. ( Yulianti Arsyad_Diskominfo )