Palopo. Tim Penggerak PKK Kota Palopo bekerjasama dengan Dinas Ketahanan Pangan melaksanakan lomba cipta menu  Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman ( B2SA ) di lapanagn tennis indoor Saokotae, Kamis(6/7/2017). Lomba tersebut diikuti oleh 9 (sembilan ) pengurus TP PKK kecamatan se-Kota Palopo yang dibuka secara resmi oleh Walikota Palopo yang pada kesempatan tersebut diwakili oleh Ka.Bappeda Ir.Firmansyah DP.  Masing-masing pengurus TP PKK Kecamatan berlomba menyajikan sejumlah menus andalan meraka yang terdiri dari  menu sarapan pagi, menu makan siang dan menu makan malam. Kadis Ketahanan Pangan Drs. Tono mengatakan bahwa lomba tersebut bertujuan untuk mendorong dan meningkatkan kreativitas masyarakat dalam rangka menciptakan menu makanan yang bergizi dan baik bagi keluarga, khususnya makanan berbahan non beras.“ Momentum ini juga sekaligus mengkampanyekan makanan khas dari daerah kita yang berbahan dasar sagu, ubi dan jagung “ ungkap tono.

Sementara itu ketua TP PKK Kota Palopo dr.Hj.Utiasari yang pada kesempatan itu bertindak seabagai juri dalam lomba tersebut mengajak masyarakat untuk Menggalakkan makanan non beras.” Kalau dulu kita makan lebih banyak nasin dari pada lauknya, sekarang sebaiknya kita harus balik nasinya sedikit dan lauknya banyak seperti sayur - sayuran dan buah - buahan guna menghindari resiko penyakit diabetes. Karena penyakit tak memandang umur mau tua maupun muda bisa saja terserang penyakit ‘ tuturnya.

Ia menambahkan jika kita memiliki aktivitas fisik yang kurang, maka sebaiknya perlu mengurangi konsumsi nasi, terutama nasi putih. Nasi merupakan sumber karbohidrat yang cukup tinggi, dan akan diolah menjadi glukosa, yang jika tidak ada aktivitas fisik, maka akan disimpan di dalam tubuh. Akibatnya, kadar gula darah akan meningkat, dan itu tidak baik bagi kesehatan, terutama bagi penderita diabetes. ”Konsumsi nasi yang baik adalah satu porsi dalam sehari, dan disubstitusi dengan makanan lainnya yang tinggi protein dan serat, agar pencernaan dan tubuh tetap sehat,” jelasnya.

Setelah sehariab lomba dilaksanakan, akhirnya tim kecamatan Mungkajang berhasil menjadi juara I dan akan mewakili Kota Palopo pada lomba yang sama di tingkat provinsi Sulawesi Selatan yang akan dilaksankaan pada bulan Agustus 2017. ( Yulianti_Diskominfo)