Palopo-Berdasarkan Keputusan Presiden nomor 5 tahun 1995 tentang peningkatan peran wanita dalam pembangunan dan keputusan presiden nomor 9 tahun 2004 tentang pengarustamaan gender dalam pembangunan nasional, pemerintah daerah diberi peluang untuk merencanakan perumusan kebijakan terkait peran dan posisi perempuan dibidang politik dan jabatan publik. Hal itu mengemuka saat Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA ) Kota Palopo menggelar sosialisasi perumusan kebijakan peningkatan peran kaum perempuan dalam bidang politik di auditorium Saokotae, kamis( 22/2/2018).  Acara yang dibuka langsung oleh asisten III Setda Palopo Dra.Munasirah, M.Si tersebut dihadiri oleh sejumlah perwakilan organisasi wanita dan aktivis perempuan se-Kota Palopo.

Kepala dinas pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak Kota Palopo, Suriani Suli, SH dalam laporannya menyampaikan bahwa peranan perempuan mempunyai makna dan kesempatan yang sangat penting untuk memberikan pemahaman dan menyatukan persepsi tentang pentingnya pembangunan demokrasi yang sehat dan realistis melalui pelibatan peran kaum perempuan. Oleh karena itu dirinya berharap agar pengembangan pendidikan politik perempuan perlu terus ditingkatkan baik dari segi organisasi maupun pemantapan pilar-pilar demokrasi melalui lembaga legislatif, eksekutif, maupun yudikatif yang aspiratif dan pro terhadap kepentingan perempuan.

Sementara itu, Wali Kota Palopo dalam sambutannya yang pada kesempatan itu diwakili oleh asisten III Setda Palopo Dra.Munasirah, M.Si menekankan bahwa dengan pelibatan kaum perempuan dalam bidang politik maupun sosial, diharapkan dapat terwujud akselerasi pelaksanaan pembangunan dalam berbagai bidang secara dinamis melalui pendekatan yang lebih humanis namun tetap pada koridor yang sewajarnya dan tidak melampaui kodratnya. " Saya sangat berharap agar semua kelompok, organisasi atau komunitas perempuan di kota Palopo bisa lebih menjalin komunikasi secara intens dan selalu melakukan upaya koordinasi dengan semua pihak guna menyatukan dan menguatkan kembali persepsi, komitmen serta langkah nyata dari semua pihak dalam mengawal upaya kemajuan dan kesetaraan kaum perempuan diberbagai aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, khususnya dalam bidang politik “ tandasnya.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh ketua dan para anggota Partai Politik se-Kota Palopo, sejumlah kepala OPD, ketua Dharma Wanita Persatuan Palopo, ketua GOW Palopo, tokoh masyarakat perempuan , LSM pemerhati perempuan dan anak. ( Faisal Ibrahim_Diskominfo Palopo )