Wali Kota Palopo, H. Muhammad Judas Amir mengukuhkan PAW Pengurus Karataruna Kota Palopo  Karang Taruna Kota Palopo 2013-2018 yang dilaksanakan di Auditorium Saokotae. Selasa 7/01/17. dihadiri Wali Kota Palopo HM Judas Amir, Ketua DPRD Palopo Harisal A. Latief dan sejumlah perwakilan ormas kepemudaan dan ratusan anggota Karang Taruna Kota Palopo. 
Walikota Palopo H. Muhammad Judas Amir usai mengukuhkan pengurus mengharapkan Karang Taruna harus mampu menjadi wadah untuk menyalurkan dan mengembangkan bakat serta minat para anggotanya guna mencegah perilaku remaja yang dapat merugikan diri sendiri dan orang lain. Terlebih di era global ini, kemajuan pengetahuan serta teknologi yang sangat pesat, disamping membawa dampak positif juga membawa dampak negatif khususnya terkait permasalahan kesejahteraan sosial yang tidak hanya ditangani oleh pemerintah tetapi juga oleh Karang Taruna,” jelas Judas.
Untuk itu, melalui kegiatan tersebut ia berharap keberadaan Karang Taruna saat ini harus mampu bangkit, dan senantiasa meningkatkan sumber daya manusia, bergerak lebih dinamis dan pro aktif dalam pelaksanaan berbagai program pembangunan seperti memanfaatkan potensi yang ada di wilayah dengan memberdayakan masyarakat dalam pengembangan ekonomi kreatif dan kerakyatan.
Selain itu, Karang Taruna hendaknya bisa mengajak masyarakat untuk melakukan berbagai kegiatan membantu anak terlantar, penyandang cacat, keluarga miskin dan permasalahan sosial. “Apa yang dikerjakan tersebut, nantinya diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Olehnya saya berharap, kepada pengurus Karang Taruna yang baru dikukuhkan hendaknya dapat melaksanakan dengan baik semua program kerja yang sudah ter-agenda,” harap Judas.
Mantan anggotqa Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Luwu  itu juga mwnyampaikan Rakyat di Kota Palopo ini dibandingkan di seluruh Indonesia adalah yang paling merdeka,” ucap Judas Amir yang disambut aplaus hadirin. “Semua program kerakyatan sudah kita berikan, jadi kalau masih ada pejabat yang lakukan pungli lapor saya,” tegas Judas. 
Pada kesempatan itu juga, Judas Amir menantang anggota dan kader Karang Taruna untuk selalu berdiskusi dan tukar pikiran demi kemajuan kota Palopi Saat ini lanjut, Judas, dua kebutuhan dasar masyarakat yakni pendidikan dan kesehatan sudah menjadi perioritas dan sudah berjalan baik,” tentunya harapqn besar bagi saya karang taruna mampu mengawal dan bersama sama mensukseskan program program dasar itu,sehingga semua masyarakat dapat menikmati.,” harapnya.
Sementara itu, ketua Karang Taruna Kota Palopo yang baru dikukuhkan, Irwanto Napeng, dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang sudah berkontribusi terhadap berjalannya semua proses kegiatan khususnya kepanitian yang telah memaksimalkan waktu yang sempit untuk mempersiapakan pelaksanaan pengukuhan sehingga berjalan sesuai yang diharapkan.
Pada kesempatan itu, juga Irwanto menyampaikan pada kepengurusan Karang Taruna Kota Palopo periode tersisah tersebut melaouncing media buletin  karang taruna yang akan menjadi penyambung informasi semua pengurus, disemua tingkatan khususnya kepada masyarakat ditingkatan RT/RW. “ Saya mohon dukungan penuh semoga amanah yang telah diberikan kepada dirunya mampu dijalankan dengan baik dan penuh tanggung jawab. “ ungkapnya.
Sekretaris Karang Taruna Provinsi, Ir Saenal Arifin. MM. Pada awal  sambutannya menyampaikan permohonan maaf atas Kesibukan ketua karang Taruna provinsi sehingga tidak bisa hadir pada pengukuhan pengurus PAW Karang Taruna Kota Palopo.
Sejak berdirinya karang taruna yang telah mengabdi bersama pemerintah selama 45 tahun. Untuk Karangtaruna Provinsi ada 3 hal yang menjadi keutamaan yakni Membangun institusi, menbangun SDM dan membangun kerjasama dan kemitraan dengan pemerintah. Sama halanya dengan agenda pokok karangtaruna Provinsi yang juga menetapkan tiga agenda pokok yakni penataan kelembagaan, yang saat ini terus dilakukan, partisipasi sosial yang dilaksanakan secara berkala dan peningkatan ekonomi dengan menfocuskan produktifitas pemuda melalui kelompokbusaha bersama dan koperasi peumuda. 
Sementara itu, Dalam laporan ketua panitia pengukuhan karang taruna kota Palopo, Hamsir, mengungkapkan bahwa jumlah pengurus Karang Taruna yang akan di kukuhkan sebanyak, 59 orang yang di Kukuhkan langsung  oleh Walikota Palopo didampingi Sekretaris Karangtaruna Provinsi, Ir Saenal Arifin. MM.
Irwanto Napeng dilantik dan dikukuhkan sebagai Ketua Karang Taruna Kota Palopo yang baru untuk periode 2017-2018 berdasarkan SK PAW yang diteken Farouk M. Beta selaku Ketua Karang Taruna Propinsi Sulsel. Selain Irwanto, dijajaran pengurus, tampak hadir pula Herawati Masdin yang turut dilantik selaku wakil bendahara dan Mirwan Lanteng sebagai sekretaris. 
Usai melantik pengurus, walikota palopo menerima  bendera Panji karangtaruna yang diserahkan oleh Sekretaris Karang Taruna Provinsi, Ir Saenal Arifin. MM dan melanjutkan menyerahkan bendera Panji kepada ketua yang baru dilantik Irwanto Napeng.(msr/hms)