Palopo- Dalam rangka mendukung dan mewujudkan pelaksanaan pembangunan berbais gender, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA ) Kota Palopo menggelar acara monitoring, evaluasi dan pelaporan pengarustamaan gender di aula kantor Wali Kota Palopo, senin(4/11/2017).   Salah satu yang menjadi bahasan utama dalam monev yang turut dihadiri jajaran kelurahan se-Kota Palopo tersebut adalah terkait dengan pelaksanaan pendataan terpilah menurut jenis kelamin.

Kepala bidang keseteraan gender, Dra. Hj. Rostia dalam laporannya menyampaikan bahwa sasaran monev adalah sebagai acuan dalam pelaksanaan pendataan terpilah menurut jenis kelamin yang menjadi inti dalam menghasilkan statistik gender.” data gender dan anak menjadi elemen pokok bagi terselenggaranya pengarustamaan gender ( PUG ) serta upaya  pemenuhan hak anak diberbagai bidang pembangunan agar responsif gender “ tuturnya.

Sementara itu, Wali Kota Palopo yang pada kesempatan itu diwakili oleh Asisten 1 Setda Palopo, Drs.H.Burhan Nurdin, M.Si mengharapkan agar pendataan tersebut harus akurat karena sangat menentukan arah kebijakan pemerintah dalam pelaksanaanpembangunan , khususnya terkait dengan pemberdayaan kaum perempuan. “ Dengan data yang kita kumpulkan maka akan diketahui secara detail, warga perempuan yang hidupnya dalam keterbatasan, baik itu terbatas secara fisik  maupun materi. Selain itu, yang tak kalah pentingnya kaum perempuan yang dalam keterbatasan mental pun perlu menjadi perhatian tersendiri dalam proses pendataan itu sehingga semuanya tersentuh tanpa terkecuali “ ujarnya sambil mengintgatkan agar dalam pendataan juga perlu memperhatikan terkait hak politik kaum perempuan. “ Kita tidak ingin karena kelalaian atau pun ketidakuratannya pendataan, sehingga ada warga yang berjenis kelamin perempuan yang telah berhak memilih akhirnya hilang hak politiknya, hak suaranya dalam menentukan masa depan daerah ini “ ucapnya. ( Yulianti Arsyad_diskominfo )