Palopo – Pemuda lintas agama di kelurahan Pattene, Kecamatan Wara Utara-Kota Palopo  yang tergabung dalam organisasi Forum Komunikasi Pemuda Rukun Sosial Pattene (FK-PRSP) menggelar acara peringatan maulid Nabi Muhammad SAW di kelurahan Pattene, sabtu(10/11/2018).  Acara yang mengusung tema “ Rahmat Untuk Semua “ tersebut diisi ceramah agama oleh uztad Drs.Bahtiar Nawir dari Kementrian Agama Kota Palopo yang dalam ceramahnya mengulas keteladanan dan perilaku Nabi Muhammad SAW. Dalam ceramahnya ia juga menekankan perlunya berkasih sayang satu sama lain dan menyingkirkan berbagai sikap sombong sesama manusia.

Pada kesempatan itu, Ketua Panitia Pelaksana Herawan S.Toni menyampaikan bahwa pelaksanaan maulid nabi Muhammad SAW yang igagas oleh FK-PRSP adalah merupakan hal yang unik karena digawangi oleh para pemuda Islam dan Kristen di wilayah tersebut. “ Bahkan hampir 90 persen panitia maulid berasal dari agama kristen “ ujarnya dalam laporannya seraya mengatakan bahwa yag hadir dalam acara tersebut juga diikuti oleh umat kristiani di kelurahan Pattene.

Sementara itu, Kepala Kesbangpol Kota Palopo Drs.H.Baso Sulaiman yang mewakili Wali Kota Palopo pada kesempatan itu mengapresiasi dan salut atas kebersamaan para pemuda Islam dan kristen di kelurahan Pattene yang telah menjalin semangat keberagaman dan toleransi dalam mewujudkan acara tersebut.  Dirinya berharap agar apa yang ditunjukkan oleh pemuda Pattene dapat menjadi teladan bagi kelompok pemuda lainnya di kelurahan lain atau bahkan di Indonesia tentang arti pentingnya menjaga kerukunan antar umat beragama.

Ketua FKPRSP Buhargus Tanggulungan dalam kesempatan yang sama menyatakan bahwa keberadaan organisasi yang dipimpinnya itu telah terbentuk sejak sekitar 35 tahun silam yang memang bertujuan untuk merangkul semangat kebersamaan para pemuda lintas agam demi mewujudkan kedamaian dalam lingkungan bermasyarakat. “ salah satu program unggulan kami adalah memberi santunan kepada warga di kelurahan Pattene yang tengah berduka “ ujarnya.

Turut hadir dalam kesempatan itu yakni  Kabag Binmas Polres Palopo, Kepala Cabang Bank Mandiri Taspen Palopo, Ketua STIKES Mega Buana Palopo, sejumlah pendeta, pengurus KNPI, Lurah Pattene dan lurah Boting . ( red_Diskominfo Palopo )